• KPU Sahkan Pencalonan Paket Sahabat Pilkada Kupang        

    0

    Kupang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mengesahkan pencalonan paket bakal calon wali kota dan wakil wali kota Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus atau paket ‘Sahabat’ untuk mengikuti tahapan selanjutnya pada pilkada serentak 2017.
    “Karena semua dokumen yang diwajibkan dalam pendaftaran ini sudah memeenuhi syarat, maka KPU menyatakan sah dan diterima untuk mengikuti tahapan selanjutnya,” kata Ketua Pokja Pencalonan KPU Kota Kupang Lodowyk Frederik usai melakukan penelitian berkas syarat pencalonan dan syarat pasangan calon paket ‘Sahabat’ di Kantor KPU setempat, Kamis.
    Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) nomor 5 Tahun 2016, ada dua syarat utama yang harus dipenuhi oleh paket bakal calon untuk bisa mendaftar dan selanjutnya disertakan dalam tahapan pilkada selanjutnya di daerah itu.
    Dua syarat utama itu adalah syarat pencalonan dan syarat pasangan calon yang wajib untuk dipenuhi.
    Untuk syarat pencalonan ada empat syarat mutlak yang wajib dipenuhi yang tegabung dalam empat format utama.
    Empat format itu masing-masing Format B1-KWK yang berisi persetujuan masing-masing partai pengusung, B2-KWK termuat surat pernyataan kesepakatan antarparpol, B3-KWK berisi pernyataan antarparpol terhadap pasangan calon dan Format B4-KWK tentang visi dan misi pasangan calon yang akan dilakukan jika terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota.
    “Untuk empat syarat yang masuk dalam kelompok syarat pencalonan untuk paket ‘Sahabat’ semuanya sah dan dapat diterima,” katanya.
    Hal sama juga untuk syarat pasangan calon, yang setelah melalui pemeriksaan tim verifikator untuk paket ‘sahabt’ dinyatakan sah.
    Terhadap dua persyaratan itu selanjutnya masih melalui verifikasi selama masa penelitian yang berlangsung hingga 27 September mendatang. “Jangan sampai ada yang keliru atau sudah tidak berlaku lagi, akan kami sampaikan kepada tim paket melalui penghubung,” kata Lodowyk.
    Ketua KPU Kota Kupang Marianus Minggu pada kesempatan itu mengatakan, Paket ‘Sahabat’ yang diusung oleh enam partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Kupang dengan akumulasi perolehannya mencapai 24 kursi itu sudah melampaui syarat dukungan minimal delapan kursi dari 40 kursi yang ada.
    Jumlah 24 kursi itu jika dikalkulasi bisa memenuhi syarat untuk mengusung tiga paket bakal calon. “Tapi paket ‘Sahabat’ memboyongnya dan melampaui syarat yang ada,” kata Marianus Minggo.
    Dia menyebutkan, 24 kursi itu berasal dari Partai Golkar lima kursi, PDIP enam kursi, Hanura lima kursi, Partai NasDem empat kursi, PKPI satu kursi dan PKB tiga kursi.
    “Karena jumlahnya telah memenuhi syarat 20 persen kursi maka paket ‘Sahabat’ dinyatakan sah dan dapat diterima untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu pemeriksaan narkoba dan kesehatan jasmani serta rohani,” katanya.
    Ketua Koalisi Paket ‘Sahabat’ Yeskiel Loudoe pada kesempatan itu mengatakan terima kasih kepada KPU selaku penyelenggara yang sudah menerima dan memeriksa semua berkas syarat pendaftaran untuk diverifikasi dan akhirnya dinyatakan memenuhi syarat.
    Ketua DPRD Kota Kupang itu mengaku masih akan terus memantau setiap perkembangan kelanjutan verifikasi seluruh administrasi paket yang diusung hingga akhirnya bisa ditetapkan pad 24 Oktober nanti.
    “Kami akan terus berkoordinasi dengan KPU selaku penyelenggara melalui tim penghubung untuk kepentingan pemantapan kelengkapan administrasi syarat bakal calon kami,” kata Ketua DPC PDIP Kota Kupang itu.
    Setelah pendaftaran dan pemeriksaan berkas di KPU, paket ‘Sahabat’ Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus langsung difasilitasi komisioner KPU Kota Kupang menuju Badan Narkotika Provinsi NTT untuk pemeriksaan urin dan wawancara.
    Hingga hari kedua jadwal pendaftaran paket bakal calon pilkada di KPU Kota Kupang, sudah ada dua paket yang mendaftar yaitu “Sahabt dan paket lainnya adalah ‘Firmanmu’ yaitu Jefri Riwu Kore-Hermanus Man yang diusung Partai Demokrat (empat kursi), PAN (empat kursi), Gerindra (lima kursi) dan  PPP (tiga kursi) dengan akumulasi 16 kursi.
    Jadwal pendaftaran masih dibuka hingga Jumat 23 September 2016 pukul 24.00 Wita.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com