• KPU Kupang Sosialisasi Pilkada Untuk Penyandang Disabilitas

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang menyosialiasi pelaksanaan Pilkada Februari 2017 kepada penyandang disabilitas di sejumlah panti milik pemerintah.
    “Sosialisasi ini dimaksud untuk memberikan kepastian pemahaman akan hak demokrasi para kaum disabilitas yang ada di sejumlah panti asuhan milik pemerintah,” kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang Lodowyk Frederik di Kupang, Senin.
    Menurut dia, sudah ada sejumlah panti asuhan milik pemerintah, tempat menetapnya sejumlah penyandang cacat baik tuna netra dan lainnya telah didatangi untuk dilakukan sosialiasi pilkada tersebut.
    Hal itu dimaksud selain menyampaikan hak politik warga yang terlahir memiliki kekurangan fisik itu, tetapi juga untuk memastikan kepesertaan para warga kelompok disabilitas itu.
    Dengan begitu maka, KPU selaku penyelenggara bisa merancang pemenuhan hak dan kepentingan pencetakan surat suara khusus bagi para penyandang cacat khusus tuna netra tersebut.
    “Karena tidak bisa melihat tentu akan ada surat suara khusus bagi para penyandang cacat khusus tuna netra itu,” katanya.

         Selain hal itu, untuk tempat pemungutan suara (TPS) yang akan ada di sekitar panti itu, juga diwajibkan menyediakan dan mendisain TPS secara baik agar mudah diakses para penyandang cacat.
    Misalnya, kata Lodowyk, harus ada jalur khusus bagi para pengguna kursi roda masuk ke dalam TPS untuk menggunakan hak suaranya. “Ini penting karena kalau tidak akan menyulitkan para penyandang,” katanya.
    Ia mengatakan berjumlah TPS sebanyak 635 yang akan disesuaiakan dengan kondisi kepadatan pemilih di masing-masing wilayah.
    KPU juga menyediakan 25 TPS cadangan yang akan dibangun pada lokasi yang ternyata sudah layak dibangun sebuah TPS untuk memberikan kemudahan akses bagi warga untuk menggunakan hak pilihnya, katanya.
    Dia juga mengatakan, TPS tambahan bisa akan ada di sekitar rumah sakit, lembaga pemasyarakatan (lapas) dan sejumlah panti disabilitas.
    Menyinggung tahapan yang sedang dilakukan KPU saat ini, Lodowyk mengatakan dalam agenda penelitian syarat dukungan pasangan perseorangan. “Sampai Hari Minggu (7/8) kemarin kami baru saja merampungkan penelitian syarat dukungan salah satu paket,” katanya.
    Untuk jadwal penyerahan dan penelitian syarat dukungan paket perseorangan ini akan berakhir pada Rabu, 10 Agustus nanti.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com