• KPU Kabupaten Bekasi Sebut Jumlah Pemilih Meningkat    

    0

    Cikarang, Bekasi, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyebutkan jumlah pemilih pada pemilihan kepala daerah setempat yang akan digelar Februari 2017 meningkat menjadi 2,7 juta jiwa.
    “Jumlah pemilih pada Pemilihan Presiden 2014 hanya 2,07 juta jiwa lebih ditinjau dari daftar pemilih tetap,” kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Idham Kholik di Cikarang Kabupaten Bekasi, Selasa.
    Menurut dia, pada 16 Agustus 2016 pihaknya telah menerima daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri melalui aplikasi sistem pendaftar pemilih milik KPU RI.
    Tetapi dari informasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah setempat ada peningkatan jumlah penduduk, oleh sebab itu KPU melakukan pendataan ulang hak pilih yang digunakan pada Pilkada 2017.
    Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi kemungkinan kecurangan dari partai politik. Selain itu sebagai bentuk antisipasi adanya nama pemilih yang sama.
    “Dalam pemilihan ini KPU memberi perhatian serius kepada warga yang memiliki hak memilih. Serta pada prinsipnya KPU hanya menyediakan surat suara untuk pemilih yang beralamatkan Kabupaten Bekasi,” katanya.
    Ia menambahkan secara prinsipil yang diperbolehkan menggunakan hak pilihnya hanya orang yang sudah memiliki kartu tanda penduduk elektronik setempat atau surat keterangan dari Disdukcapil.
    Jadi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah nanti dapat dilakukan antisipasi kekurangan kartu suara yang langsung diminta dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.
    Idham menjelaskan pendataan sudah dilakukan satu minggu yang lalu, tetapi secara bertahap per kecamatan karena Kabupaten Bekasi memiliki daerah yang luas sehingga membutuhkan waktu, tenaga yang banyak.
    Namun untuk pelaksanaan pendataan itu ada bantuan dari tingkat RT-RW hingga kecamatan agar pendataan dapat segera terselesaikan.(anjas).

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com