• Kontingen Sulteng Gagal Raih Emas PON Jabar

    0

        Palu, jurnalsumatra.com – Kontingen PON Sulawesi Tengah yang berkekuatan 89 atlet dari 22 cabang olahraga gagal meraih satupun medali emas pada PON XIX yang berlangsung di Jawa Barat pada 17-29 September 2016.
    “PON kali ini Sulteng tidak dapat medali emas,” kata Edison Ardiles, Humas KONI Sulteng yang dihubungi dari Bandung, Kamis.
    Hingga hari terakhir pada Rabu (28/9), dua atlet Sulteng dari cabang kempo dan atletik yang berlaga di final gagal mempersembahkan medali emas.
    Atlet kempo Sulteng hanya meraih perak. Sementara atlet Sulteng lainnya dari cabang atletik gagal meraih medali. Padahal pada PON XVIII di Pekanbaru, Riau pada 2012, atletik menyumbangkan satu medali emas.
    Edison mengatakan meski gagal mendapat emas, tetapi jumlah perolehan medali pada PON kali ini meningkat drastis dibandingkan PON sebelumnya.
    Sulteng di PON Jabar berhasil merebut empat medali perak dan tujuh medali perunggu.
    Medali perak diperoleh dari cabang karate, pencak silat, binaraga dan kempo.

        Tujuh medali perunggu diperoleh dari cabang dayung dua perunggu, tinju satu perunggu, karate dua perunggu, pencak silat satu perunggu dan sepak takraw putri satu medali perunggu.
    Dengan demikian, kata Edison, hanya tujuh dari 22 cabang yang berhasil mengukir oprestasi di arena olahraga empat tahunan itu.
    Sejumlah cabang unggulan seperti atletik, biliar, judo, taekwondo yang diprediksikan menyumbangkan medali, semuanya gagal mengukir prestasi di PON Jabar.
    Ia mengatakan setelah kembali dari PON, KONI Sulteng akan segera melakukan evaluasi terkait kegagalan sejumlah cabang untuk selanjutkan mendapat perhatian dalam pembinaan ke depan.
    “Kita akan segera evaluasi semua cabang yang lolos ke PON, tetapi tidak meraih medali,” kata dia.
    Ia juga belum mengetahui seara pasti peringkat Sulteng pada PON XIX di Jabar 2016.  “Saya belum mengetahui Sulteng masuk di peringkat berapa perolehan medali PON XIX,” katanya.
    Tetapi yang jelas, kata dia, jumlah medali yang diraih pada PON XIX cukup banyak dibandingkan PON XVIII di Riau, di mana Sulteng hanya dapat tiga madali, satu emas, satu perak dan satu merunggu.
    “Kali ini, kita dapat empat perak dan tujuh perunggu.  Hanya saja PON XIX di Jabar, Sulteng tidak dapat medali emas,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com