• Kios Daging Sapi Kosong

    0

    Bandung, jurnalsumatra.com – Kios penjualan daging sapi di seluruh pasar tradisional di Kota Bandung kosong, tidak ada aktivitas perdagangan menyusul aksi mogok para pedagang memprotes tingginya harga komoditas itu di pasaran, Senin.
    “Sudah tiga hari ini kami berhenti berjualan. Langkah itu terpaksa kami lakukan untuk menghindari kerugian lebih besar,” kata salah seorang pedagang daging sapi, Endang Mubarok.
    Akibatnya, kios-kios penjualan daging sapi tidak ada aktivitas. Kios yang setiap hari paling ramai itu, kini sudah tiga hari sepi tanpa pedagang.
    Menurut Endang, keputusan mogok itu disepakati dengan Asosiasi Pedagang Daging Sapi Seluruh Indonesia (Apdasi) sebagai bentuk protes mereka terhadap perkembangan harga daging sapi yang mahal sehingga memberatkan pembeli.
    “Dampak harga daging yang berada di kisaran Rp130 ribuan perkilogram itu berdampak terhadap anjloknya konsumen sekitar 30 persen, sehingga berpengaruh kepada omzet,” katanya.
    Pada kesempatan itu Apdasi mendesak pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan dan menambah kuota impor daging sapi agar kondisi seperti ini tidak berulang setiap tahun.
    “Biasanya selepas Lebaran harga daging sapi turun, namun kali ini terus naik, sehingga jelas tidak sehat,” katanya.
    Sementara itu Bulog Jabar terus nmelanjutkan operasi pasar daging sapi pada hari kedua dengan melepas daging sapi seharga Rp90 ribu per kilogram.
    Operasi pasar Bulog disambut oleh konsumen dengan membeli daging sapi di gerai yang disiapkab Bulog di Pasar Kosambi, Sederhana dan Pasar Cihaurgeulis Kota Bandung.
    Sementara itu sebagian konsumen mengalihkan pembelian daging sapi ke daging ayam sehingga kios daging ayam mengalami peningkatan pembeli dalam beberapa hari terakhir.
    “Bagi konsumen rumahan bisa saja beralih ke daging ayam, tapi untuk bakso seperti saya tidak bisa diganti oleh daging ayam,” kata Tukino, salah seorang pedagang bakso.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com