• KEMLU Akan Terbitkan Kartu Diaspora Indonesia

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Kementerian Luar Negeri RI akan mengeluarkan kartu identitas bagi Diaspora Indonesia untuk mendata jumlah dan memetakan potensi seluruh Diaspora Indonesia yang ada di luar negeri.
    “Kementerian Luar Negeri akan menerbitkan Kartu Diaspora yang berfungsi untuk menjadi ‘data base’ dan juga untuk memetakan potensi Diaspora Indonesia di seluruh negara,” kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di, Jakarta, Rabu.
    Pernyataan tersebut dia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ke-3 di Jakarta.
    Menurut Menlu, melalui Kartu Diaspora yang akan segera diterbitkan itu, Kementerian Luar Negeri akan memperoleh angka yang lebih pasti mengenai keseluruhan jumlah Diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.
    “Kartu diaspora itu sebagai dasar kita membuat ‘data base’. Sekarang ini kalau kita ditanya berapa sih diaspora yang ada di luar negeri, kita masih melakukan dengan perkiraan, kira-kira delapan juta orang. Tetapi dengan adanya pendataan maka angkanya jadi lebih jelas,” ujar dia.
    Retno menjelaskan bahwa kartu identitas diaspora itu juga akan digunakan untuk memetakan profesi para Diaspora Indonesia di luar negeri guna mengetahui potensi yang dimiliki Diaspora Indonesia.
    “Kita bisa memetakan kemampuan, keahlian, dan profesi para diaspora Indonesia. Dengan memetakan itu, kita akan lebih mudah bekerja sama dengan mereka,” kata dia.
    Menlu mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri memberi perhatian dan berkomitmen untuk terus melakukan kerja sama dengan Diaspora Indonesia di seluruh negara, termasuk melalui para perwakilan RI di luar negeri yang terus mendorong agar para Diaspora Indonesia dapat saling berkumpul.
    “Penting bagi Diaspora Indonesia berkumpul untuk membahas berbagai isu yang terkait dengan kepentingan Indonesia,” ucap Retno.
    Oleh karena

    itu, kata dia, Pemerintah sangat mendukung penyelenggaraan Kongres Diaspora Indonesia setiap tahun yang dinilai dapat memberi manfaat bagi pembangunan Indonesia.
    “Kesempatan kongres ini digunakan untuk menghubungkan diaspora dengan berbagai profesi untuk membahas apa yang bisa dilakukan Diaspora Indonesia untuk Indonesia,” kata dia.
    “Maka itu di dalam progam Kemlu dan perwakilan RI di luar negeri, kita akan mendorong kedutaan dan konsulat kita untuk secara pro aktif mendorong agar jaringan diaspora Indonesia terus bertambah dan progamnya dilaksanakan dengan baik,” lanjut Menlu Retno.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com