• Kemen PUPR Bantu Pemkab Kolaka Benahi PDAM

    0

    Kolaka, jurnalsumatra.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) membantu Pemerintah Kabupaten  Kolaka untuk pembangunan infrastruktur air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di daerah itu.
    Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kolaka Senin mengatakan bantuan anggaran dari Kementerian  PUPR sebesar Rp80 miliar secara bertahap akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur sarana air bersih di Kecamatan Mangolo.
    “Bantuan awal tahun ini diberikan sebesar Rp40 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan selanjutnya tahun depan untuk pembenahan sarana perpipaan PDAM Kolaka,” katanya.

    Menurut dia, upaya yang dilakukan Pemerintah Kolaka dalam mengembangkan pelayanan publik, khususnya sarana air bersih itu berujuan untuk meningkatkan pelanggan PDAM yang ada di daerah itu.
    Selain pembangunan intake, kata Safei, pembenahan sambungan dan pergantian perpipaan akan dilakukan secara bertahap karena terjadi banyak kebocoran pipa air PDAM di daerah itu.
    “Pergantian pipa PDAM ini karena pipa distribusi air bersih yang ada sekarang sudah sangat tua usianya, sehingga kebutuhan air bersih bagi konsumen tidak maksimal,” ujarnya.
    Menurut Safei, kondisi sarana perpipaan PDAM yang usianya sudah tua ini menyebabkan banyak kebocoran yang merugikan PDAM sekitar Rp300 juta per tahun.
    Oleh karena itu Safei berharap dengan adanya pembangunan jaringan air baku milik PDAM ini bisa mengatasi masalah ketersediaan air bersih bagi masyarakat dan juga menekan kerugian yang diderita oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com