• Kantor Pemerintahan Jadi Parkiran Sholat Idul Adha

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Halaman beberapa kantor pemerintahan yang berada di sekitar Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), disiapkan untuk mengantisipasi sulitnya mencari lokasi parkir saat pelaksanaan pelaksanaan Sholat Idul Adha, Senin(12/9).
    “Halaman kantor gubernur cukup untuk menampung belasan ribu jamaah. Kendalanya adalah tempat parkir, karena itu semua kantor pemerintahan di sekitar lokasi diminta untuk membuka gerbang agar bisa jadi alternatif tempat parkir,” kata Kepala Bagian Penerangan Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Zardi Syahrir di Padang, Sabtu.
    Kantor pemerintahan itu diantaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BPBD Sumbar, BKPM, POL PP Sumbar dan area Polda Sumbar.
    Untuk lokasi berwuduk juga disiapkan oleh BPBD Sumbar.
    Sementara untuk pengamanan, pihak Polda  Sumbar dan Polresta Padang telah menyiapkan 75 orang personel, ditambah dengan personel Pol PP Sumbar.
    Selain menyiapkan halaman kantor gubernur, Pemprov Sumbar juga mempersiapkan lantai dasar Masjid Raya Sumbar sebagai alternatif jika cuaca buruk.

         Hanya saja, karena masjid saat ini sedang dalam masa pembangunan, maka yang dapat dibuka hanya lantai dasar dengan kapasitas 4.000 jamaah.
    “Karena itu, kalau cuaca buruk, kami imbau sebagian masyarakat untuk bisa melaksanakan Sholat di masjid dil ingkungannya agar tidak kesulitan mencari tempat di Masjid Raya Sumbar,” katanya.
    Dijadwalkan, pelaksanaan Sholat Idul Adha di halaman kantor gubernur itu akan diikuti Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Wakil Gubernur, Nasrul Abit, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar.
    Bertindak sebagai khatip pada saat itu, Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Dr H Eka Putra Wirman, MA dan imamnya Bakri. S IQ M.Pd.I
    Salah seorang warga Padang, Andri mengatakan, lokasi parkir merupakan salah satu pertimbangan masyarakat yang ingin menunaikan ibadah Sholat Idul Adha.
    “Kalau lokasi parkir tidak representatif dengan pengamanan yang cukup, bisa-bisa saat Sholat, pikirannya pada kendaraan apakah aman atau tidak,” ujarnya.
    Ia mengapresiasi antisipasi yang dilakukan Pemprov Sumbar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com