• Kadisdik: Penerima PIP Situbondo Belum Tepat Sasaran

    0

        Situbondo, jurnalsumatra.com – Pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur menyatakan penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) di semua jenjang masih belum tepat sasaran karena banyak penerima siswa layak tidak terjaring.
    “Dalam waktu dekat kami akan duduk bersama dengan semua camat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Situbondo serta pemerintahan desa untuk mengetahui secara pasti penerima Kartu Indonesia Pintar sesuai atau tidak,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo Fathor Rachman di Situbondo, Kamis.
    Menurutnya, jumlah penerima Program Indonesia Pintar di jenjang SD, SMP dan SMA/SMK di Konta Santri itu jumlahnya sekitar 16 ribu penerima. Tetapi ia tidak mengetahui secara pasti jumlah Kartu Indonesia Pintar yang sudah dicairkan dananya oleh penerima di bank penyalur yang ditunjuk pemerintah.
    Kendati belum mengetahui secara pasti jumlah KIP yang dicairkan, kata dia, yakin hampir 50 persen penerima kartu KIP belum mencairkan dananya. Karena banyak penerima program tersebut yang sudah lulus sekolah dan bahkan siswa atau siswi dari keluarga mampu.

         “Fakta di lapangan seperti itu, justru banyak siswa dan siswi miskin yang layak tidak terdaftar dalam Program Indonesia Pintar (PIP). Itu dikarenakan menurut kami data penerima KIP masih menggunakan basis data lama , yakni 2011,” katanya.
    Fathor menjelaskan bahwa dari laporan yang didapatkan dari beberapa kepala desa, ternyata penerima kartu KIP  memang sudah banyak yang lulus SMA/SMK tiga tahun silam.
    “Kami juga tidak tahu data dari mana yang digunakan pemerintah untuk menjaring penerima Program Indonesia Pintar tersebut,” paparnya.
    Dari catatan sementara Dinas Pendidikan Situbondo, pada tahap pertama 2016 jumlah penerima manfaat PIP Sekolah Dasar yang sudah mencairkan dananya sebanyak 3.498 siswa dan untuk penerima jenjang SMP sebanyak 2.884.
    Masing-masing penerima manfaat Program Indonesia Pintar mendapatkan uang bantuan untuk siswa SD Rp225.000 per anak per semester, SMP Rp375.000 per anak per semester dan SMA/SMK Rp500.000 per anak per semester.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com