• Kades Broto: Gunakanlah ADD Akuntabel dan Transparan

    0
    Kades Desa Indikat Ilir, Sekaligus Ketua Forum Kades se-Kecamatan Gumay Talang, Lahat.

    Kades Broto: Gunakanlah ADD Akuntabel dan Transparan

    Lahat, jurnalsumatra.com – Kepala desa (kades) Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, Lahat, Broto menyampaikan, untuk termin pertama I dana ADD telah diterimanya sebesar Rp 350 juta, atau 60 persen ini.

    Berdasarkan hasil kesepakatan masyarakat, dana tersebut dibangunkan Jl usaha Tani sepanjang 400 meter, dengan lebar 2, 50 meter, lalu pengerasan Jl dusun V Desa Indikat Ilir, dengan panjang mencapai 115 meter, dan lebar mencapai 4,40 meter. “Selanjutnya, dua unit plat duck untuk dusun IV, dan dusun V Desa Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, Lahat,” ujar Broto.

    Selanjutnya, sambung Broto, beberapa dusun lainnya termasuk utama Kecamatan Gumay Talang, dibangunkan sumur bor. “Alhamdulillah, untuk termin I dana ADD desa indikat ilir, tidak ditemukan masalah berdasarkan hasil pemeriksaan oleh pihak BPMD Desa, dan Inspetorat Lahat,” tegasnya lagi.

    Sedangkan, kata Broto, untuk termin II ini, yang diterimanya mencapi 360 juta, atau 40 persen sisa anggaran dari termin pertama I menurut hasil rapat warga melanjutkan pembuatan sumur bor, lalu, pembuatan kolam terpal ikan, serta pemasangan instalasi pipa, tecmond untuk dusun I, II, dan III.

    “Untuk dana kucuran termin ke II ini, selain melanjutkan sumur bor, pembuatan terpal ikan, setelah itu, pemasangan instalasi pipa, pemasangan tecmod untuk dusun I, II, dan III desa indikat ilir,” tambahnya.

    Bukan itu saja, menurutnya, masyarakat beserta kadus dusun IV Suyanto, dan kadus dusun V Fery, secara bergotong royong menyelesaikan pengerasan Jl dekat Masjid, lalu, melanjutkan penyambungan pipa dan membeli mesin gingset untuk dusun I, II, dan III. Serta, membantu posyandu dan dua unit Paud.

    “Semua yang kita kerjakan dan bantukan ini, berdasarkan hasil kesepakatan masyarakat desa indikat ilir, kecamatan gumay talang, kabupaten Lahat. Nah untuk, tahun 2017 kita mintak agar disampaikan yang skala prolitas,” tukas dia.

    Terakhir, Broto selaku ketua forum menghimbau seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Gumay Talang, agar menggunakan dana ADD sebagaimana mestinya, dan tidak bermasalah, apalagi sampai kena hukum.

     “Gunakanlah dana desa sesuai dengan peruntukannya, dan jangan kelaur dari petunjuk yang ada, akuntabel dan transparan. Sesuai dengan himbauan kementrian desa. Terima kasih, atas bantuan serta petunjuk dari pihak BPMD Desa Lahat, yang selama ini, banyak membantu kami terutama kepala desa dan perangkatnya,” pungkas ketua forum Kades se-Kecamatan Gumay Talang, Lahat. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com