• Jumlah hewan kurban dipotong dii Palembang Turun

    0

    Palembang ,jurnalsumatra.com – Jumlah hewan ternak yang dikurbankan di Masjid Raya Sekip Ujung Palembang, Sumatera Selatan pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah/2016 ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    “Hari ini ada 13 sapi dan lima ekor kambing yang dititipkan masyarakat ke masjid ini untuk dikurbankan, padahal tahun sebelumnya ada 17 ekor sapi dan 10 kambing,” kata panitia pemotongan hewan kurban Masjid Raya Sekip, Syawaludin di Palembang, Senin.

    Menurut dia, jumlah hewan kurban yang disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di kawasan sekip Ujung ini sedikit mengalami penurunan, karena ada beberapa pengusaha dan pejabat yang biasa menitipkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini tidak berkurban.

    Tidak diketahui secara pasti alasan sejumlah pengusaha dan pejabat tidak menitipkan hewan kurbannya tahun ini, namun kemungkinan pejabat yang bersangkutan sudah tidak menjabat lagi dan pensiun.

    Begitu pula pengusaha yang biasa menitipkan hewan kurban baik sapi maupun kambing, kemungkinan kegiatan bisnisnya tidak berjalan baik karena kondisi ekonomi yang sulit sekarang ini sehingga tidak bisa berkurban tahun ini.

    Kondisi ini diharapkan tidak berlanjut dan pada tahun-tahun berikutnya masyarakat yang biasa berkurban di masjid ini kembali menitipkan sapi dan kambingnya untuk disembelih dan jumlahnya bisa lebih banyak lagi sehingga bisa semakin banyak masyarakat miskin yang bisa menikmati daging kurban, katanya.

    Sementara kegiatan pemotongan hewan berjalan dengan baik dan pembagiannya berlangsung tertib dengan sistem kupon yang dibagikan panitia sehari sebelum pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

    Kegiatan pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Sekip ini berjalan lancar tidak seperti 2015 lalu kegiatan pemotongan terganggu kabut asap kebakaran hutan dan lahan dampak negatif musim kemarau.

    Sapi yang dititipkan oleh masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 2016 ini dapat dipotong semuanya pada hari ini dan langsung dibagikan kepada 900 masyarakat yang berhak menerima daging hewan kurban, ujar panitia kurban itu pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com