• Ishak Mekki : BPK Periksa BUMD

    0

    ishak mekkiPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki Menyampaikan, audit yang dilakukan BPK untuk tujuan administrasi dan tata kelola perusahaan BUMD untuk kedepannya.

    “BPK ini cuman mencari data saja terkait kinerja dan tata kelola BUMD, apakah sebagai Pemprov sudah memberikan pembinaan maksimal dan aturan tentang BUMD tersebut sudah dijalankan belum, SDM nya bagaimana, dan administrasi laporannya lengkap atau tidak,” ujar ishak usai mengelar rapat Pembahasan Masalah Kriteria yang ditetapkan oleh Tim Pemeriksa BPK, dalam Rangka meningkatan Efektivitas Tata Kelola Pemerintahan dalam melakukan Pembinaan BUMD.selasa (27/9).

    Dia juga menyampaikan. itu semua sudah didapatkan BPK setelah meminta keterangan dari biro ekonomi, dan asisten II. Tapi,intinya audit ini supaya perusahaan BUMD maju dan bisa mensupport pembangunan di Sumsel serta lebih berorientasi tentunya ke bisnis. “Nantinya mereka (BPK) akan memberika solusinya apa saja yang dinilai kurang,” jelasnya.

    Dirinya jugo mengakui, selama ini kinerja dan tata kelola BUMD oleh pemprov Sumsel mungkin terjadinya kelalaian, seperti pada rapat, itu seharusnya ada laporan. Kelalaian inilah yang harus diperbaiki.

    “Nantinya setelah didapat data akan diberikan standar kinerja dan tata kelola BUMD kepada kita, ini yg harus dilakukan BUMD di seluruh Indonesia,” tegasnya.

    Dirinya menambahkan kedepanya pihaknya akan menerapkan standar tersebut, apa saja kelemahan akan di ikuti dan diperbaiki seperti SDM bagian ekonomi yang kurang padahal dapurnya ada di kabag ekonomi. Selain itu, selama ini berkas laporan hasil rapat ada disana tanpa ada salinan, kemudian dengan pergantian pejabat baru dan pejabat lama berhenti sehingga berkasnya entah kemana.

    “Jadi kedepan harus ditembuskan ke Sekda, badan pengawas, dan beberapa lainnya sehingga ada salinan. Intinya, bagaimana mengelola dengan baik,” tutupnya.(MaDoN)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com