• HNSI Ingatkan Nelayan Waspadai Angin Kencang

    0

    sungailiat,jurnalsumatra.com- Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan mengingatkan seluruh nelayan untuk mewasapadai angin kencang saat melakukan penangkapan ikan di laut.
    “Meskipun pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat menyatakan gelombang air laut yang aman dan embusan angin yang tenang, namun cuaca di laut dapat berubah rubah dengan seketika tanpa diketahui oleh nelayan,” katanya di Sungailiat, Rabu.
    Ia mengatakan, gelombang pasang yang disertai angin kencang biasanya dapat menganggu penangkapan ikan dan mengancam keselamatan nelayan yang menggunakan kapal berkapasitas kecil.
    “Selain kewaspadaan saat melakukan penangkapan di laut, nelayan juga diwajibkan membawa peralatan keamanan seperti jaket pelampung serta kebutuhan kelengkapan keamanan lainnya,” ujarnya.
    Informasi dari BMKG kata dia, Tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka berkisar 0,25 meter, di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata masing-masing 0,5 meter, sedangkan kecepatan angin rata-rata berkisar enam sampai 33 kilometer per jam dari Timur ke Selatan.
    “Saya minta kepada seluruh nelayan baik yang sedang melakukan penangkapan di laut atau yang masih di darat, hendaknya segera melaporkan kepihak pos keamanan terdekat jikan mengetahui adanya ancaman gangguan keamanan,” katanya.
    Menurutnya, keamanan dan keselamatan harus tetap dikedepankan oleh para nelayan dan hendaknya segera melaporkan kepos keamanan terdekat jika mengetahui adanya ancaman gangguan keamanan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com