• Harga Kelapa Di Aceh Utara Naik    

    0

    Lhokseumawe, jurnalsumatra.com- Harga kelapa bulat di tingkat petani di Kabupaten Aceh Utara dalam beberapa hari terakhir ini mengalami kenaikan hingga 27 persen yakni dari Rp1.100 menjadi Rp1.400 per butir, karena permintaannya meningkat.
    Zulkifli, salah seorang pedagang pengumpul di Kecamatan Baktiya, Sabtu mengatakan, tingginya permintaan bukan saja di Aceh Utara tapi juga di Sumatera Utara.
    Sebutnya, dalam beberapa hari terakhir, permintaan kelapa tinggi dibandingkan waktu sebelumnya, sehingga memicu naiknya harga kelapa dipasaran. Dengan tingginya permintaan dimaksud, maka harga beli kelapa dari petani juga meningkat.
    “Kami membeli kelapa dari petani Rp1.400 per buah, untuk ukuran buah yang sedang, sementara ongkos kupas juga kami yang tanggung. Sedangkan sebelumnya, harga beli kelapa sempat menurun hingga Rp1.100 per buah,” ungkap  Zulkifli.
    Tambahnya, tingginya permintaan kelapa butir juga tidak terlepas dari momen menjelang Idul Adha 1437 Hijriah. Dimana, setiap menjelang hari raya atau hari-hari besar ummat Islam, permintaan kelapa sangat tinggi untuk berbagai kebutuhan.
    “Menjelang hari raya, permintaan pasar terhadap kelapa butir lebih tinggi dibandingkan waktu-waktu biasanya,” ucap Zulkifli.
    Sebutnya lagi, permintaan kelapa butir selain untuk kebutuhan pasar di dalam daerah sendiri, dirinya juga memasok kelapa butir ke Kota Medan, karena tingginya permintaan kelapa diibukota Provinsi Sumatera Utara itu.
    “Dua hari lalu, kami sudah mengirim sebanyak 3 ton kelapa butir ke Sumatera Utara dan sekarang sudah dipesan lagi untuk segera dikirimkan karena tingginya permintaan kelapa disana,” ujar pedagang pengumpul kelapa itu.
    Sebagaimana diungkapkan oleh pedagang kelapa tersebut, kondisi pohon kelapa di wilayah Aceh Utara, pada umumnya sudah tua dan tidak ada peremajaan. Akibatnya, setiap tahun terjadi penurunan produksi buah kelapa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com