• Gubernur Kepri Belum Berikan Sinyal Siapa Wagub

    0

    Tanjungpinang, jurnalsumatra.com- Gubernur Kepulauan Riau Nurdin  belum memberikan sinyal kepada partai pengusung pada Pilkada 2015 tentang siapa figur yang diinginkannya menjadi wakil gubernur.

        Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Kepri Syarafudin Aluan, di Kantor DPRD Kepri, Selasa, mengatakan sinyal dari Gubernur Nurdin dibutuhkan sebagai dasar partai pengusung untuk membahas dan memutuskan calon wagub.
    “Kami sampai hari ini belum mendapat informasi dari gubernur. Masih gelap, padahal (calon) wagub itu seharusnya bisa bersinergi dengan gubernur,” ujarnya, yang juga Sekretaris Komisi I DPRD Kepri.
    Selama beberapa bulan terakhir, lanjutnya, partai pengusung bergerak sendiri. Kondisi ini sempat tidak berjalan lancar, karena Partai Demokrat, PPP, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem dan Partai Gerindra memiliki kepentingan yang berbeda-beda, sulit disatukan.
    Hingga sampai beberapa pekan lalu, kelima partai pengusung itu mendapatkan kesepakatan dua calon wagub. Nama yang sempat muncul itu yakni Kepala Dinas Pendapatan Kepri Isdianto dan mantan Kepala Otorita Batam Mustafa Widjaja.
    Isdianto, adik dari HM Sani, mantan Gubernur Kepri yang meninggal dunia beberapa bulan setelah memimpin wilayah itu.
    Nama Mustafa mengemuka setelah sempat nama Agus Wibowo, Wakil Bupati Bintan dan Ketua Partai Demokrat Bintan, muncul selama beberapa bulan. Namun Partai Demokrat Kepri sempat membantah isu telah memutuskan dua nama calon wagub yakni Isdianto dan Agus Wibowo.
    “Sekarang kondisi berubah lagi, karena ada manuver politik dari PDIP,” ujarnya.
    Syarafudin Aluan mengatakan PDIP memiliki pengaruh yang besar di Kepri, karena memiliki kursi terbanyak di DPRD Kepri. Hal itu disebabkan dua nama calon wagub yang diusulkan partai pengusung akan dipilih oleh anggota DPRD Kepri.
    Dalam beberapa pekan terakhir, nama Soerya Respationo muncul sebagai calon wagub. Kepri. Peta politik dalam suksusi calon wagub pun berubah.
    “Sampai sekarang belum mengerucut. Kami masih menunggu perkembangan,” katanya.
    Dia merasa optimistis dua nama calon wagub akan diputuskan partai pengusung paling lama akhir bulan ini.
    “Mudah-mudahan di atas tanggal 20 September 2016 sudah tuntas,” katanya.
    Nurdin semula Wagub Kepri. Pada awal 2016 Gubernur M Sani sehingga ia menjadi gubernur masa kerja 2015-2020, sementara kursi wagub belum diisi pejabat baru.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com