• DUBES: Pameran Fotografi Perkuat Kerja Sama    

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng mengatakan pameran fotografi Jalur Sutra Maritim memperkuat hubungan kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dengan China yang telah terjalin cukup lama.
    “Pameran fotografi tersebut dapat mengeratkan hubungan dan meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Tiongkok. Rakyat indonesia dapat mengenal Tiongkok lebih dekat lewat pameran tersebut,” kata Xie Feng di sela-sela pameran fotografi Jalur Sutra Maritim di Jakarta, Selasa.
    Pameran dapat terselenggara berkat kerjasama antara Kedutaan Besar China dengan Kantor Informasi Dewan Kenegaraan Tiongkok.
    Pada pameran kali ini, lanjutnya, rakyat Indonesia dapat melihat karya fotografi dari kota Quanzhou, Fuzhou, Zhangzhou, Guangzhou, Suzhou, Yangzhou, Nanjing, dan Ningbo.
    Kota tersebut merupakan 8 kota Mutiara Jalur Sutra Maritim dengan konsep filsafat lima elemen, yaitu emas, kayu, air, api dan tanah sebagai panduan moral dalam memperkenalkan kedelapan kota yang kaya akan warisan budaya. Serta untuk menyampaikan visi pembangunan Jalur Sutra Maritim abad ke-21.
    Selain itu, Dubes Xie Feng mengungkapkan pada semester pertama, jumlah wisatawan dari China ke Indonesia mencapai 830 ribu orang atau meningkat 43 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu.
    Dalam kesempatan yang sama, mantan Duta Besar RI untuk China  Sudrajat mengatakan saat ini orang indonesia keturunan Tionghoa diperkirakan berjumlah lebih dari 12 juta.
    “Sementara orang Indonesia tahu Tiongkok hanya 20 juta, tapi orang China mengetahui Indonesia itu lebih dari 20 juta,” kata dia.
    Ia mengatakan kepentingan Indonesia dan China di masa depan adalah sangat potensial. Dengan Jalur Sutra Maritim, China akan menjadi lokomotif dalam gerbongnya dan Indonesia ingin masuk dalam gerbong tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com