• Dua Desa Di Hinai Langkat Dilanda Banjir

    0

        Langkat, Sumut, jurnalsumatra.com – Pemukiman warga dua desa di Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara dilanda banjir setinggi 50 cm akibat curah hujan tinggi dan meluapnya air Sungai Batang Serangan.
    “Kami sedang melakukan pendataan di lapangan berapa banyak rumah warga yang terendam banjir,” kata Camat Hinai Muhammad Nawawi di Hinai, Langkat, Selasa.
    Adapun desa yang terkena banjir itu adalah Desa Batu Malenggang dan Desa Cempa. Diperkirakan puluhan rumah terkena banjir setinggi 50 cm dengan lokasi terparah di Dusun 8 karena berada di pinggir Sungai Batang Serangan.
    “Di sini ada pintu air namun sekarang tidak berfungsi diharapkan kiranya instansi terkait bisa secepatnya membuka pintu air ini agar air bisa dipompa keluar,” pinta Muhammad Nawawi.
    Menurut dia, jika pintu air tidak bisa secepatnya dibuka maka air yang berada di pemukiman warga kemungkinan akan semakin bertambah karena juga ada air pasang.

        “Volume air Sungai Batang Serangan juga tinggi sementara air laut sekarang ini juga sedang pasang, jadi air tidak bisa keluar,” katanya.
    Banjir yang terjadi di Kecamatan Hinai itu, dalam sepekan ini sudah dua kali terjadi. Sebelumnya juga banjir melanda kawasan itu dan merendam perumahan warga maupun juga areal persawahan.
    Seperti yang disampaikan Kordinator Pengamat Organisme Pengganggu Hama Tanaman Dinas Pertanian Langkat, untuk Kecamatan Hinai ada seluas 128 hektare tanaman padi yang terendam banjir usia 1-30 hari dari varietas Ciherang.
    Adapun persawahan yang terendam banjir itu berada di Desa Sukajadi, Desa Suka Damai Timur, Desa Paya Rengas, Desa Muka Paya, Desa Kebun Lada, Desa Pasar Baru 8, Desa Batu Malenggang, Desa Cempa, Desa Hinai Kanan dan Desa Suka Damai.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com