• DKP Papua Wajibkan Nelayan Laporkan Hasil Tangkapan

    0

         Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua mewajibkan para nelayan untuk melapor hasil tangkapannya secara berkala saat pengurusan perpanjangan izin tangkap ikan.
    “Saya tidak akan tanda tangan perpanjangan izin kalau permohonannya tidak dilampirkan oleh data hasil tangkapan selama satu tahun,” ujar Kepala DKP Papua FX Mote di Jayapura, Rabu.
    Ia mengakui bila sejauh ini DKP tidak pernah memiliki data pasti mengenai hasil tangkapan ikan para nelayan di Papua.
    “Selama ini nelayan tidak pernah melaporkan hasil tangkapannya, DKP juga tinggal perpanjang saja izinnya. Kita tidak punya data hasil tangkapan ikan, hanya perkiraan data pasar saja,” katanya.

         Laporan tersebut juga digunakan untuk melihat apakah hasil tangkapan nelayan sesuai dengan jenis kapal yang digunakan, terutama bagi mereka yang menerima kapal bantuan dari pemerintah.
    “Buat apa izin dikeluarkan kalau nelayan tersebut tidak pernah berproduksi. Dan kita mau lihat apakan kapal yang digunakan sesuai dengan hasil tangkapannya, jangan kapal besar tapi tangkapannya kecil, berarti ada sesuatu yang terjadi,” ujarnya lagi.
    Mote pun mengaku pihaknya akan memperkuat pengawasan di laut karena pihaknya sudah merencanakan untuk membeli satu unit kapal.
    “Dan kita sudah disetujui oleh DPRP untuk membeli kapal pengawas, sehingga kita bisa awasi di laut,” katanya lagi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com