• DIY Akan Tingkatkan Kemampuan Masyarakat Mengolah Ikan

    0

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta akan meningkatkan kemampuan masyarakat mengolah ikan melalui pembekalan penganekaragaman pengolahan ikan guna mendukung perekonomian daerah.
    Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Suwarman Partosuwiryo di Yogyakarta, Rabu, mengatakan intensitas sosialisasi serta pembekalan pengolahan ikan masyarakat akan ditingkatkan  bekerja sama  dengan pemerintah kabupaten/kota.
    “Bersama dengan kabupaten, kami mendorong keahlian masyarakat atau kelompok usaha masyarakat dalam mengolah ikan,” kata dia.
    Dia mengatakan, pembekalan itu perlu dilakukan karena semakin tinggi kemampuan masyarakat dalam mengolah ikan, diharapkan semakin besar pula kontribusi ikan dalam meningkatkan perekonomian
    masyarakat setempat.
    Adapun, pelaksanaan pembekalan itu, menurut dia, akan melibatkan berbagai kelompok usaha makanan, ibu rumah tangga, serta para pembudi daya ikan.
    “Melalui pelatihan itu kami berharap akan semakin banyak usaha-usaha baru yang bergelut dalam pemanfaatan ikan,” kata dia.
    Menurut dia, contoh penganekaragaman pengolahan ikan itu misalnya dikembangkan dalam bentuk nuget ikan, keripik kulit ikan, presto, serta otak-otak ikan.
    “Dan saya kira di Yogyakarta ini sudah banyak yang bisa, meskipun banyak yang belum tahu pengolahan
    ikan secara mandiri,” katanya.
    Menurut dia, selain pembekalan itu mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat, budaya makan ikan di
    kalangan masyarakat juga diharapkan akan terdorong meningkat.
    Ia mengatakan, selain masih dipicu produksi ikan di DIY yang masih rendah, rendahnya tingkat konsumsi ikan masyarakat DIY juga disebabkan belum gencarnya kampanye mengenai penganekaragaman pengolahan ikan bagi ibu rumah tangga.
    “Yang tinggi tingkat konsumsi ikannya sampai sekarang masih wilayah Indonesia Timur seperti Maluku,” kata dia.
    Hingga saat ini, kata dia, tingkat konsumsi ikan masyarakat DIY masih rendah jika dibanding angka
    nasional serta provinsi lainnya. Tingkat konsumsi ikan di DIY pada 2014 mencapai 21,15 kilogram per kapita per tahun, sementara angka nasional telah mencapai 36,27 kilogram per tahun pada tahun yang sama.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com