• Distanak Seruyan Sosialisasikan Penanganan Hewan Kurban

    0

    Kuala Pembuang, Kalteng, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyosialisasikan penanganan hewan kurban kepada petugas atau panitia pelaksana kurban di kabupaten tersebut.
    “Sosialisasi itu dilakukan kepada panitia kurban yang ada di masjid-masjid, khususnya pantai kurban yang biasanya menyembelih hewan kurban dalam jumlah banyak,” kata Kepala Distanak Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Kamis.
    Mantan Asisten II Sekretariat Daerah Seruyan ini mengatakan, sosialisasi itu dilakukan agar penanganan hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih dilakukan dengan baik.
    “Termasuk pengelolaan daging kurban sebelum dibagikan kepada masyarakat harus terbebas dari bakteri atau kotoran yang dapat menyebabkan penyakit,” katanya.
    Dalam sosialisasi tersebut Distanak juga melibatkan pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Seruyan untuk membantu menjelaskan tentang kriteria hewan yang baik, layak dan memenuhi syarat menjadi hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.
    “Karena kurban ini juga berkaitan dengan ibadah, maka pelaksanaannya pun harus sesuai dengan ketentuan agama,” katanya.
    Kemudian, saat ini tim khusus pemeriksa kesehatan hewan kurban dari Distanak masih terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tingkat pedagang.
    Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit mulut dan kuku serta antraks yang sangat membahayakan jika sampai tertular pada manusia. Pemeriksaan hewan kurban dilakukan bukan hanya di Kuala Pembuang, tapi juga di seluruh kecamatan yang ada di Seruyan.
    Sejauh ini petugas tim khusus pemeriksa kesehatan hewan kurban belum menemukan adanya penyakit pada hewan ternak baik sapi maupun kambing yang dapat membahayakan manusia.
    “Petugas pemeriksa sudah ada di setiap kecamatan dan mereka masih terus memantau dan memeriksa kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan kurban sehat dan aman dikonsumsi. Jika ada yang sakit dan bisa membahayakan, maka daging hewan kurban tidak akan kita perbolehkan untuk dibagi pada masyarakat,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com