• Disnaker Biak Ancam Cabut Izin Usaha Kafe

    0

         Biak, jurnalsumatra.com – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor di Provinsi Papua mengancam mencabut izin tempat usaha pengelola kafe jika terbukti melakukan pelanggaran Undang Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Perusahaan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
    Kepala Dinas Tenaga Kerja Biak Numfor Iwan Ismulyanto, di Biak, Selasa, menyatakan pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak ke lokasi Kafe “TJ” yang diduga mempekerjakan karyawan di bawah umur.
    “Hasil pengecekan di lapangan dan penjelasan pengelola kafe, status pekerja hiburan malam yang kabur sudah menikah dan punya anak, sehingga tidak dapat disebut sebagai pekerja di bawah umur,” ujar Kadisnaker setempat, menanggapi hasil sidak ke tempat hiburan malam kafe untuk mengecek dugaan penyalahgunaan izin kerja di bawah umur.

         Pihak Disnaker sudah memberikan teguran kepada pengelola kafe untuk menaati peraturan ketenagakerjaan sebagai upaya memperhatikan hak pekerja di lokasi hiburan malam itu.
    Dia berharap, kasus perdagangan manusia (trafficking) yang pernah dialami pengelola kafe tahun 2016 dapat menjadi pelajaran hukum berharga, untuk tidak lagi menyalahgunakan izin kerja karyawan hiburan malam.
    “Setiap pengelola hiburan malam yang terbukti ditemukan menyalahgunakan izin kerja bisa dikenakan tindakan hukum pidana dan sanksi administrasi berupa pencabutan izin usaha. Sanksi ini dapat saja dilakukan pemerintah daerah jika perusahaan tetap membandel tidak menaati aturan,” ujar Iwan pula.
    Berdasarkan data penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Biak Numfor sedang melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana penyalahgunaan izin kerja terhadap pengelola Kafe “TJ” yang dicurigai telah memperkerjakan pramuria hiburan malam di bawah umur.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com