• DISDIK Sulsel Fokus Perbaiki Kualitas Guru      

    0

    Makassar, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Irman Yasin Limpo mengatakan pihaknya akan fokus memperbaiki kualitas guru untuk meningkatkan kualitas sektor pendidikan Sulsel.
    “Usai dilantik saya sudah berkeliling ke sekolah-sekolah, saya melihat yang harus diperbaiki adalah kualitas guru,” kata Irman yang ditemui di Makassar, Rabu.
    Kualitas guru dalam hal ini, kata dia, tidak hanya terkait kualitas intelektual, tetapi juga adab guru dalam berperilaku.
    “Bukan hanya sarana pendidikan, bukan hanya knowledge, tapi yang paling penting adalah pendidikan karakter, makanya kualitas guru kita harus bagus,” ucap Irman yang baru saja dilantik sebagai Kepala Disdik pekan lalu tersebut.
    Irman menuturkan selama berkeliling ke sekolah-sekolah ia melihat gambaran bagaimana adab oknum guru terhadap murid-muridnya.
    Beberapa guru, kata dia, masih menggunakan “telunjuk” dan kata “kau” ketika meminta muridnya melakukan sesuatu.
    “Alangkah indahnya kalau guru menggunakan kata ‘ananda’ kepada siswanya, sehingga ada suasana kekeluargaan yang tercipta,” kata dia.
    Dengan adab baik yang dicontohkan oleh guru, para anak didik akan lebih mudah menyerap nilai-nilai karakter yang positif.
    Untuk itu, pihaknya, kata dia, akan menyusun standar adab yang harus diterapkan oleh guru di lingkungan sekolah.
    “Kita lagi pikirkan untuk.membuat standar adab guru, misalnya bagaimana cara memanggil, berdiri, atau saat bertemu di kantin,” ungkapnya.
    Pelaksana Tugas Harian Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Sulsel ini juga akan menyusun Pendidikan dan Pelatihan khusus bagi para guru untuk meningkatkan kompetensinya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com