• Disdik Papua Dorong Kabupaten/Kota Perbanyak Sekolah Kejuruan

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua mendorong kabupaten dan kota di wilayahnya untuk memperbanyak jumlah sekolah kejuruan.
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Elias Wonda, di Jayapura, Selasa, mengatakan memperbanyak sekolah kejuruan dianggap penting mengingat kebutuhan pasar yang kini lebih mengarah kepada tenaga kerja terampil.
    “Dulu jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua secara keseluruhan hanya berkisar antara 90 hingga 93 sekolah, kini sudah mencapai 118 sekolah,” katanya.
    Menurut Elias, kini di kabupaten dan kota, keberadaan sekolah kejuruan hanya berkisar satu atau dua, namun ke depannya pasti akan ditambah.

        “Kewenangan mengenai pendidikan kini masih berada di kabupaten/kota, di mana pada 2017 baru akan diurus oleh provinsi, sehingga di tahun ini kami akan mulai memperbanyak keberadaan sekolah kejuruan,” ujarnya.
    Dia menuturkan lulusan sekolah kejuruan merupakan tenaga kerja yang siap kerja karena setelah selesai menempuh pendidikan telah dibekali oleh keterampilan.
    “Nantinya, sekolah kejuruan ini diharapkan dapat disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada di masing-masing kabupaten/kota khususnya di Papua,” katanya lagi.
    Dia menambahkan pihaknya berharap dengan semakin banyaknya sekolah kejuruan ini maka tenaga kerja di Papua juga akan lebih siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar Papua bahkan luar Indonesia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com