• Disdik Dorong Berdayakan Guru Lulusan FKIP Uncen

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua mendorong kabupaten/kota di wilayahnya untuk memberdayakan guru-guru lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih (Uncen).
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Elias Wonda, di Jayapura, Senin, mengatakan hal ini dikarenakan setiap tahunnya Universitas Cenderawasih meluluskan ribuan mahasiswa yang belum terserap secara baik dalam dunia kerja.
    “Setiap bertemu dengan bupati atau wali kota, selalu disampaikan agar mengontrak tenaga guru lulusan FKIP Uncen karena dianggap lebih mengerti kondisi di Papua, daripada mengontrak guru dari luar,” katanya.

        Menurut Elias, jika menggunakan guru-guru asal FKIP Uncen, pihaknya meyakini bahwa para tenaga pendidik ini sudah mengetahui karakteristik dari masing-masing daerah di Papua, ketimbang menggunakan guru-guru asal luar Papua yang tentunya harus beradaptasi dalam waktu lama.
    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua rencananya juga akan melakukan pembenahan metode mengajar guru terutama yang berada di wilayah pedalaman Bumi Cenderawasih.
    Gubernur Papua Lukas Enembe, mengatakan metode pengajaran harus diperbaiki, karena guru merupakan ujung tombak pendidikan.
    “Kehadiran guru-guru tenaga kontrak di Papua diharapkan dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Bumi Cenderawasih yang masih rendah, maka harus dididik dan dikembangkan oleh guru-guru berkualitas,” katanya.
    Lukas menjelaskan masa depan Papua harus dipersiapkan sejak sekarang dengan menyediakan pendidikan berkualitas dan mengembangkan sumber daya manusia harus dimulai dengan pendidikan berkualitas.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com