• Dinsosnakertrans Gelar “Job Fair Kulon Progo 2016”

    0

         Kulon Progo, jurnalsumatra.com – Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Pemeran Bursa Kesempatan Kerja atau “Job Fair Kulon Progo 2016.”
    Kegiatan tersebut bertempat di SMK Negeri 2 Pengasih pada Jumat (16/9) dan Sabtu (17/9), kata Kepala Dinsosnakertrans Kulon Progo Eka Pranyata di Kulon Progo, Sabtu.
    Ia mengatakan kegiatan Job Fair 2016 ini merupakan kegiatan pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo, diikuti oleh 13 perusahaan terdiri dari delapan perusahaan nasional dan empat perusahaan lokal, dengan memberikan penawaran lowongan kerja sebanyak 1.072 jumlah lowongan.
    “Kami berharap hasil dari job fair ini, pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan kerja secara langsung dari perusahaan, dan perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan dan selanjutnya dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Kulon Progo,” kata Eka.
    Menurut Eko, job fair ini juga sebagai tolak ukur menentukan grafik kecenderungan pekerja berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin dan minat pekerjaan di bidang apa, serta untuk mengetahu berbagai hambatan serta kendala yang dialami oleh para pekerja maupun pencari kerja antardaerah maupun dalam satu daerah.

         Selain itu job fair ini diselenggarakan untuk menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Kulon Progo. Pada 2015 lalu, angka pengangguran di Kulon Progo sebesar 2,88 persen, namun pada tahun ini meningkat menjadi 3,72 persen.
    “Job fair ini untuk memfasilitasi pencari kerja yang kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Selain itu, kami juga membantu perusahaan agar mampu mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas,” kata Eka.
    Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kulon Progo Lestaryono mengapresiasi penyelenggaraan job fair ini sebagai terobosan dalam rangka pengurangan pengangguran di Kabupaten Kulon Progo dan sebagai percepatan penempatan tenaga kerja sesuai dengan minat bakat dan kompetensinya.
    Apresiasi juga diberikan kepada Perusahaan yang telah berpartisipasi dalam memberikan informasi lowongan kerja dan diharapkan lebih banyak lagi perusahaan lainnya dapat bekerjasama dengan pemkab dalam rangka pengisian calon karyawan karena potensi tenaga kerja dari Kulon Progo cukup banyak dan memiliki kompetensi yang baik dan dapat bersaing dengan tenaga kerja dari daerah lain.
    “Tenaga kerja dari Kulon Progo memiliki kompensi dan daya saing, kami berharap dengan adanya kegiatan ini, calon tenaga kerja mendapatkan pekerjaan yang diharapkan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com