• Dinsos SUMSEL Bantu Korban Banjir Musirawas Utara

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com- Dinas Sosial Sumatera Selatan menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk ribuan korban banjir di Musirawas Utara, kabupaten baru hasil pemekaran Kabupaten Musirawas.

    Bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan seperti beras dan mi instan itu disalurkan untuk mencegah terjadinya permasalahan sosial di lokasi banjir seperti kelaparan, kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi, di Palembang, Jumat.

    Dia menjelaskan, selama musim hujan belakangan ini, pihaknya telah beberapa kali menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana di sejumlah kabupaten yang dilanda banjir.

    Sebelumnya bantuan kepada korban banjir disalurkan kepada masyarakat di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Musirawas, dan Musi Banyuasin, katanya.

    Menurut dia, pada musim hujan sekarang ini beberapa daerah di Sumsel berpotensi terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor.

    Masyarakat yang mengalami bencana alam tersebut akan diberikan bantuan tanggap darurat jika sampai berpotensi menimbulkan masalah sosial seperti rawan pangan.

    Selain bahan makanan, pihaknya juga siap membantu masyarakat miskin yang menjadi korban bencana memperbaiki rumahnya jika mengalami kerusakan berat.

    Tidak semua korban bencana alam diberikan bantuan perbaikan rumah, bantuan tersebut sifatnya sebagai perlindungan sosial kepada masyarakat yang benar-benar layak menerimanya, ujar Apriyadi.

    Sementara sebelumnya korban banjir di empat kecamatan dalam Kabupaten Musirawas Utara itu, mendapat bantuan bahan makanan berupa beras sebanyak 71 ton, selain itu lauk pauk dan ratusan dus mi instan bantuan dari pemerintah kabupaten dan Pemprov Sumatera Selatan.

    Batuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Musirawas Utara Syarif Hidayat kepada perwakilan korban banjir dari Kecamatan Rawas Ulu, Rawas Ilir, Karang Dapo, dan Kecamatan Rupit.

    Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musirawas Utara Z Arifin Daut mengatakan bantuan untuk 14.639 kepala keluarga itu diberikan secara berjenjang mulai dari Camat, kemudian diserahkan ke perangka desa baru ke korban banjir.

    Bantuan itu dipastikan sampai pada korban banjir karena pihaknya melakukan pengawasan ketat penyalurannya dan dibantu dari berbagai instansi termasuk anggota Polri, kata dia pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com