• Dinkes Ternate: Penanganan Malaria Maksimal        

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan penanganan kasus malaria di kota itu telah maksimal, dimana petugas kesehatan diterjunkan di semua wilayah untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit tersebut.
    “Memang, ada keluhan masyarakat soal penanganan malaria yang dinilai tidak maksimal, tetapi kami tetap meningkatkan penanganan, sehingga angka penderita penyakit malaria di kota ini pun menurun,” kata Kadis Dinkes Nurbaity Marasabessy di Ternate, Sabtu.
    Menurut dia, petugas kesehatan sudah melakukan pengawasan hingga tingkat kelurahan, namun kemungkin pihak kelurahan tidak sosialisasi sehingga sebagian masyarakat tidak tahu.
    “Padahal kita sudah sebarluaskan bagaimana mencegah terjadinya malaria, salah satu contoh petugas kesehatan bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk membagikan kelambu secara gratis kepada masyarakat, agar bisa menekan tingginya penderita malaria,” kata Nurbaity.
    Ia menegaskan, kasus malaria di Kota Ternate sudah berkurang sesuai hasil presentasi petugas kesehatan.
    Sebelumnya, kata dia, banyak sekali temuan kasus malaria di tengah masyarakat Kota Ternate, bahkan angka kasusnya terendah dibandingkan kabupaten/kota lain di Maluku Utara.
    Dia menambahkan, Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP), Badan Lingkungan Hidup (BLH) akan menanam 13 jenis tanaman bunga antinyamuk.
    Hal itu dilakukan seiring Kota Ternate dijadikan sebagai tuan rumah Hari Malaria Sedunia 2017.
    Terkait masalah itu, Nurbaity mengimbau seluruh warga kota Ternate untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk di tempat tinggal masing-masing.
    “Jika setiap warga peduli pada kebersihan lingkungan, maka Kota Ternate akan menjadi contoh daerah bebas malaria,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com