• Dinas telah data daerah rawan bencana karhutla

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com- Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan dinas terkait telah melaksanakan upaya pencegahan dengan melakukan pendataan dan penetapan daerah rawan bencana kebakaran hutan dan lahan, serta menetapkan prioritas pencegahan dan pengawasan.

    Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyampaikan hal itu terkait dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palembang, Selasa.

    Menurut dia, untuk kemudahan koordinasi dan pengendalian karhutla dengan Keputusan Gubernur Nomor 171/KPTS/BPBD-SS/2016 tentang penetapan status siaga darurat bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumsel tahun 2016 lebih awal.

    Kemudian, lanjutnya, juga telah dibentuk posko satgas siaga darurat bencana asap dengan Keputusan Gubernur Nomor 241/KPTS/BPBD-SS/2016 tentang pembentukan posko komando satuan tugas siaga darurat bencana asap akibat karhutla di Sumsel tahun 2016 dengan melibatkan unsur teknis termasuk TNI dan Polri yang terbagi dalam beberapa satuan tugas.

    Selanjutnya, dilakukan sosialisasi tentang larangan membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar yang dilaksanakan secara terpadu baik antar instansi maupun pemangku kepentingan lainnya seperti Dinas Kehutanan, Pertanian, Perkebunan, perusahaan perkebunan, perusahaan hutan tanaman industri, TNI dan Polri, ujarnya.

    Ia mengatakan, kemudian penyebarluasan maklumat Kapolda Sumsel tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar dan sanksi yang akan diberlakukan.

    Selanjutnya penegakan hukum kepada pelaku pembakaran oleh pihak kepolisian selaku satgas penegakan hukum, tuturnya.

    Kemudian melakukan pendataan lahan yang terbakar baik oleh Dinas Perkebunan maupun Kehutanan.

    “Kami sependapat mengenai usulan agar Peraturan daerah Nomor 8 tahun 2016 tentang pengendalian karhutla dapat diuji di lapangan untuk mengetahui efektivitasnya dalam mencegah terjadinya kebakaran,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com