• Dinas Peternakan Temukan Hewan Tak Layak Sembelih

    0

        Langkat, Sumut, jurnalsuamtra.com – Dinas Peternakan Kabupaten Langkat menemukan hewan jenis kambing belum layak disembelih dalam
    inspeksi mendadak ke berbagai tempat penjualan hewan kurban.
    Kepala Dinas Peternakan Langkat Muhammad Tambeng di Stabat, Sabtu, mengatakan, hewan tersebut tidak layak sembelih karena belum cukup umur.
    Pihaknya sengaja melakukan kunjungan mendadak ke berbagai tempat penampungan dan penjualan hewan kurban untuk melihat kelayakan dan kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan kurban pada Idul Adha 1437 Hijriah.

         Dari pemeriksaan yang dilakukan di salah satu tempat penjualan hewan kurban di Desa Paya Mabar, Kecamatan Stabat, ada sejumlah kambing dan domba yang ditemukan belum cukup umur.
    Hal itu diketahui ketika memeriksa gigi kambing untuk melihat kesehatan mulut dan usia hewan yang akan dijadikan hewan kurban tersebut.
    “Kambing ataupun domba yang akan dikurbankan harus berusia dua tahun, bila tidak, jangan diperdagangkan karena ini untuk kurban,” katanya.
    Petugas Dinas Peternakan Langkat langsung meminta kepada pemilik ternak untuk tidak menjual ternak kambingnya.
    Selain memeriksa kambing, petugas juga memeriksa sapi dan lembu yang ada dengan melakukan pemeriksan kotoran dan suhu tubuh hewan untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit cacing.
    Pihaknya juga mengimbau warga yang akan bekurban untuk selalu teliti memilih hewan yang akan disembelih dengan memperhatikan syarat aman, sehat, utuh, halal (ASUH).(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com