• Di Palembang,Titik Banjir Kian Bertambah

    0

    banjirtPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Dinas PUBM dan PSDA Kota Palembang mengakui titik banjir pada tahun ini mengalami peningkatkan dari tahun 2015 yang mencapai 59 titik, namun berapa banyak titik banjir yang terjadi ketika hujan tiba belum dapat diketahui.

    “YTtitik banjir semakin bertambah, bukan berkurang, ini terlihat pada saat hujan genangan titik banjir dibeberapa kawasan kian bertambah,”kata Kabid Drainase dan PSDA PU Bina Marga Palembang, Ahmad Bastari Yusak, Selasa (3/9).

    Dikatakan Bastari penyebab makin banyaknya kawasan yang terkena banjir disebabkan disebabkan beberapa proyek infrastruktur seperti pembangunan proyek LRT, perbaikan drainase, pembaguann pipa sehingga drainase yang ada tidak dapat berfungsi dengan baik ketika aliran air tinggi.

    Tidak hanya itu saja banyaknya titik banjir juga makin minimnya kolam retensi yang ada di Palembang, karena kolam retensi sangat efektif dalam menampung air hujan, jika kolam retensi makin minim otomatis serapan air akan semakin berkurang.

    Dilanjutkan Bastari banyak juga pemilik rumah dan toko (ruko) yang menutup drainase dengan coroan sehingga drainase tertutup, dengan itu maka air tidak mengalir dengan baik ke daerah aliran sungai yang selama ini mampu menampung air.

    “Kami imbau khususnya pemilik ruko jangan melakukan pengecoran lagi, karena ini salah satu penyebab banyaknya banjir yang terjadi, banyak juga kawasan baru yang selama ini bebas banjir justru menjadi titik baru banjir, siapa lagi kalau bukan kita peduli dengan lingkungan,”tegasnya.

    Hujan yang melanda Palembang, senin (12/9) malam Hampir semua kawasan di metropolis terendam air setiap kali turun hujan. Seperti di jalan Veteran, Mayor Ruslan, Bangau, Rajawali Simpang Polda Sudirman depan IGM, depan DPRD Sumsel, Kolonel H Burlian, Jalan Tengkuruk, jalan MP Mangku Negara, Jalan Basuki Rahmat dan beberapa daerah lainnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com