• Dharmasraya Beri Penerangan Hukum Pengelolaan Dana Desa

    0

    Pulau Punjung, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan penerangan hukum tentang pengelolaan dana desa bagi seluruh camat dan aparatur pemerintahan nagari (desa adat) di daerah itu, agar tidak berimplikasi hukum dalam penggunaannya.

    Wakil Bupati (Wabup) Dharmasraya, Amrizal di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan agar aparatur nagari tidak tersandung hukum dalam pemanfaatan dana desa, dan pertanggungjawaban kepada pemerintah dilakukan dengan jelas.
    “Dana desa yang cukup besar harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dalam arti pemanfaatan harus tepat sasaran dan sesuai ketentuan yang berlaku,” tambah dia.
    Dia berharap, aparatur pemerintah nagari dalam menyusun program dana desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga  pertanggungjawaban dapat dipertimbangkan secara matang, sehingga pemanfaatannya dirasakan masyarakat.
    Wabup meminta seluruh peserta dapat mendiskusikan dengan narasumber terkait materi yang disampaikan sehingga ada kejelasan tantang pengeloaan dana desa.
    “Dan pengetahuan yang diperoleh hari ini kiranya dapat saudara terapkan dalam pengeloaaan dana desa, agar perencanaan sampai pertanggunggjawaban berpedoman pada aturan yang ditetapkan,” lanjutnya.
    Selain itu, sebutnya jika terdapat masalah dalam pelaksanaan dana desa diharapakan dapat melakukan koordinasi dan berkonsultasi dan dengan pihak terkait.
    Kemudian, aparatur pemerintah nagari juga harus membagun partisiapasi masyarakat dalam setiap program dan kegiatan dana desa itu berlangsung.
    Masyarakat juga dimbau dapat memelihara hasil pembangunan yang telah dilakukan, termasuk program melalui dana desa,” ujarnya.
    Peserta dalam kegiatan ini diikuti 51 wali nagari (kepala desa adat) dan 11 Camat di daerah itu. Dengan narasumber dari Kepala Seksi Intel Kejari Pulau Punjung, Ridwan Joni.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com