• Dewan Apresiasi Hukum Adat Laut Di Rote

    0

        Kupang, jurnalsumatra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Timur mengapresiasi Deklarasi Penerapan Kearifan Lokal dan penerapan hukum adat dalam rangka penjagaan wilayah laut di perairan Kabupaten Rote.
    “Apa yang dilakukan oleh masyarakat adat Rote patut diberikan apresiasi karena hal ini meringankan beban kerja dari Pemerintah,” kata Anggota Komisi II DPRD NTT Kasimirus Kolo, kepada Antara di Kupang, Rabu.
    Apalagi saat ini fasilitas yang dimiliki oleh pihak keamanan sendiri sangat minim. Sehingga sangat memungkinkan jika ada hukum adat yang mengatur soal penangkapan biota laut.¿
    Menurutnya keterlibatan masyarakat adat Rote dalam menjaga laut merupakan suatu inisiatif positif yang harus didukung dan dicontohi oleh semua masyarakat pesisir di NTT.

        Politikus dari Fraksi Nasdem tersebut juga memberikan apresiasi kepada Pemda Rote karena mendukung apa yang dilakukan oleh masyarakat adat di Pulau yang dikenal dengan Nusa Lontar itu.
    “Saya sendiri sangat berharap agar kedepannya masyarakat kita bisa sadar dan mengerti untuk bersama-sama menjaga laut di lokasi dekat tempat ia bertempat tinggal,” ujarnya.
    Sebelumnya pada Rabu (7/9) lalu puluhan masyarakat adat di Rote dikukuhkan oleh Bupati Rote Leonard Haning sebagai Manaholok (Pengawas laut) mencegah terjadinya pengrusakan laut oleh masyarakat lokal di Pulau itu.
    Namun Bupati Rote Leonard Haning justru menyatakan hukum ada yang telah ditetapkan itu berlaku bagi nelayan-nelayan dari luar Rote yang mencari ikan di perairan Taman Nasional laut Sawu dan sekitarnya.
    “Jika dilanggar maka harus ditangkap dan diberikan sanksi. Kalau mau masuk wilayah Rote maka ikuti aturan main kami, Karena kalau tidak akan diberikan sanksi,” ujar Leonard.
    Hingga saat ini baru tiga Nusak (kecamatan) yang sudah menerapkan hukum adat pengawasan laut tersebut, dan secara perlahan-lahan akan diperbanyak daerah-daerah pesisir di NTT.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com