• Coklit Data Pemilih Gorontalo Sudah 89,44 Persen

    0

         Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada di Gorontalo tahun 2017, sudah mencapai 89,44 persen.
    Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa, Jumat, menjelaskan, meski hari libur para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) terus bekerja siang dan malam, mengingat batas waktu Coklit berakhir hingga 7 Oktober 2016.
    “Hingga tanggal 27 September, baru PPDP Kabupaten Gorontalo yang Coklit sudah 100 persen,” kata Verrianto.
    Sementara Kabupaten Bone Bolango sudah mencapai 94,04 persen, Kota Gorontalo 93,27 persen, Kabupaten Gorontalo Utara 92,33 persen, Kabupaten Pohuwato 84,84 persen dan Kabupaten Boalemo 72,19 persen.

         Ia menambahkan, KPU kabupaten/kota juga sudah mulai membersihkan data pemilih ganda antar kabupaten/kota, dan dari temuan data ganda tersebut, petugas langsung mencoret salah satunya.
    “Data pemilih ganda di dalam satu desa/kelurahan dan antar kecamatan juga ikut dibersihkan,” jelasnya.
    Ia berharap pemilih yang terdaftar di lebih dari satu tempat tinggal, harus memilih salah satu tempat tinggalnya yang dicantumkan dalam daftar pemilih berdasarkan KTP elektronik atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
    Sesuai data yang ada, KPU menemukan data pemilih ganda yang sudah mengurus KTP elektronik di dua daerah, berharap pemilih ini menentukan salah satu tempat di mana akan memilih.
    “Petugas hanya akan membersihkan data yang tidak berdasarkan pada KTP elektronik atau surat keterangan,” ujarnya.
    Sebab setiap pemilih yang berdomisili di daerah pemilihan, harus dibuktikan dengan KTP elektronik atau surat keterangan dari dinas kependudukan dan catatan sipil.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com