• Bupati: Nelayan Aceh Utara Harus Bentuk Koperasi

    0

         Lhoksukon, Aceh, jurnalsumatra.com – Bupati Aceh Utara, Provinsi Aceh, Muhammad Thaib menyatakan para nelayan di daerahnya perlu membentuk koperasi sebagai salah satu usaha pengembangan jasa usaha mereka.
    “Dengan adanya koperasi, selain menunjang usaha nelayan, juga dapat menjadi solusi bagi nelayan disaat menghadapi kendala keuangan untuk operasional usaha, sehingga tidak terjerat jasa rentenir,” katanya di Lhoksukon, Kamis.
    Dikatakan, jika membentuk koperasi maka akan sangat membantu nelayan itu sendiri dari segi produktivitas dan modal usaha.
    Bupati menyatakan, koperasi juga tidak semata-mata harus bersifat simpan pinjam atau konsumtif, tapi mampu menunjang produktivitas usaha dan dapat menjadi solusi bagi produk yang dihasilkan oleh nelayan itu sendiri.

         “Keberadaan koperasi bagi nelayan, diharapkan juga mampu menjadi pendapatan bagi masyarakat nelayan,” terang Bupati.
    Lebih lanjut ia mengatakan, hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Utara merupakan daerah pesisir dan usaha nelayan sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat, sehingga diharapkan akan dapat lahir koperasi-koperasi nelayan di wilayah yang berbasis perairan.
    Ia menyatakan, meski sekarang ada koperasi akan tetapi masih belum optimal peran dan fungsi strategisnya.
    Akan tetapi, diharapkan keberadaan koperasi bagi nelayan penting dikembangkan untuk terus dikembangkan seiring waktu, sebagai salah satu solusi untuk menyejahterakan nelayan.
    Ia juga meminta kepada instansi terkait, untuk terus membina koperasi-koperasi nelayan agar lebih berhasil guna dan tepat guna dalam menjawab berbagai persoalan nelayan.
    Begitu juga kepada nelayan, didorong untuk membentuk koperasi sebagai wadah usaha untuk maju bersama yang dilakukan secara bertangungjawab, kata Bupati Muhammad Thaib.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com