• Bupati Kumpulkan Seluruh Camat Bahas Rpjmd 2016-2021

    0

    Rokan Hilir, jurnalsumatra.com – Bupati Rokan Hilir Provinsi Riau, Suyatno mengumpulkan seluruh camat guna membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD tahun 2016-2021.
    “Sengaja kami kumpulkan seluruh camat maupun tokoh masyarakat guna menjalin aspirasi. Makanya kami mengharapkan partisipasi semua untuk dapat memberikan saran dalam penyempurnaan RPJMD ini,” kata Suyatno saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD Rohil 2016-2021, di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Rabu.
    Turut hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Rohil Jamiluddin, Pelaksana tugas Sekda Rohil Surya Arfan, Wakil Ketua DPRD Suyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau dan segenap kepala dinas, badan dan kantor dilingkungan Pemkab Rohil.
    Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran peserta Musrenbang RPJMD 2016-2021. Karena menurut dia kehadiran tersebut sangat diharapkan untuk menyempurnakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rohil yang akan menjadi acuan pembangunan lima tahun kedepan.
    “Untuk itu kami memberikan kesempatan kepada seluruh camat yang hadir, mari sama-sama rumuskan dan satukan kembali program lima tahun kedepan,” katanya lagi.
    Ia memaparkan, khusus Kecamatan Bagan Sinembah masyarakat sangat mengharapkan pembangunan Jalan Lancang Kuning dan sudah diprogramkan, termasuk infrastruktur jalan di Kecamatan Simpang Kanan. Bahkan kedua jalan itu saat ini sedang dikerjakan.
    Kemudian di Kecamatan Rimba Melintang yakni program Rumah Layak Huni dan Resetlemen termasuk sektor pertanian juga tetap diprioritaskan.
    “Rimba Melintang salah satu lumbung padi Rohil, lokasinya di Kepenghuluan Pematang Sikek. Kami minta camat setempat pertahankan lahan pertanian didaerah itu,” harap Bupati.
    Masalah jalan lintas di Kecamatan Pujud dan Tanjung Medan menurut dia juga sudah diprogramkan dan dikerjakan.
    “Tapi kalau jalan lintas Kabupaten Rohil menuju Rokan Hulu yang melintasi kecamatan itu dianggarkan oleh Pemprov Riau,” ucapnya.
    Terkait masalah lapangan pekerjaan di Kecamatan Bangko, ia menginginkan adanya pabrik sepatu yang akan menjadi sasaran nantinya adalah anak sekolah. Setiap sekolah juga perlu dibentuk koperasi.
    “Jadi kalau sudah ada pabrik sepatu jangan ada lagi membeli sepatu diluar. Nanti juga akan kami bangun Balai Latihan Kerja. Tolong dinas terkait programkan itu betul-betul,” katanya mengingatkan.
    Orang nomor satu di Rohil itu juga saat berkunjung di Kecamatan Sinaboi memberikan apresiasi kepada petani yang telah serius menanam kelapa hibrida sebanyak 500 pohon.
    “Ini sangat kreatif sekali, apalagi serius dikembangkan dengan melibatkan dinas terkait. Begitu juga infrastruktur jalan didaerah itu akan segera kami perbaiki,” tuturnya.
    Untuk pembangunan Jalan Lintas Pesisir Rohil yang menghubungkan dari Jembatan Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam dan Pasir Limau Kapas sedang dalam penggesaan pembangunan.
    “Kami telah komitmen bahwa Pemkab Rohil hanya membangun dua Jembatan Pedamaran. Sementara Jalan Lintas Pesisir dianggarkan oleh Pemprov Riau. Tahun ini juga sudah mulai dikerjakan,” kata Suyatno.
    Bupati menjelaskan, untuk Jalan Lintas Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir menuju Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sepanjang dua kilometer juga perlu digesa pembangunannya.
    “Jalan ini sangat dekat dengan Sumut. Tapi kami yakin 2017 mendatang Pemprov Riau akan mengucurkan anggaran yang diperkirakan sebesar Rp15-17 miliar. Kemudian jembatan di Panipahan juga banyak yang rusak, makanya dinas terkait diminta programkan, kalau perlu jalan didaerah itu dibangun pagar demi keselamatan masyarakat,” katanya.
    Terkait ketersediaan air bersih di Rokan Hilir, ia kembali menegaskan sudah menyiapkan lahan seluas enam hektar di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.
    “Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rohil dan Bengkalis ini nantinya bisa beroperasi sebanyak 35 ribu Kartu Keluarga di lima kecamatan di Rokan Hilir, sumber airnya dari Sunga Rokan,” jelas Suyatno.
    Bupati berharap pada tahun 2017 mendatang harga minyak dunia mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga pembangunan di seluruh kecamatan yang ada didaerah itu bisa segera terealisasi.
    “Meski saat ini mengalami defisit anggaran Pemkab Rohil tak akan tinggal diam dan terus melobi pemprov maupun pemerintah pusat, agar pembangunan didaerah ini merata,” demikian Suyatno.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com