• BUMD Tapanuli Selatan Lirik Pengembangan Kopi

    0

         Sipirok, Sumut, jurnalsumatra.com – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, berencana ekspansi ke usaha pengembangan tanaman kopi setelah sebelumnya sukses kelola ubi kayu varietes Adira.
    “Kita berencana perluasan kopi di Sipirok. Dilihat dari potensi yang ada, perluasan dan percepatan produksi kopi Sipirok juga menjanjikan,” kata Dirut BUMD Tapanuli Selatan Hamdan Nasution, di Sipirok, Senin.
    Dengan rencana ekspansi ke pengembangan kopi tersebut, kata dia, bukan berarti pihaknya meninggalkan pengembangan ubi, bahkan perluasan ubi kayu sebagai bahan baku tapioka terus dipikirkan.

         Bahkan selain ubi dan jagung, pihaknya juga sudah memikirkan bagaimana pengembangan jagung di Tapanuli Selatan.
    “Untuk jagung kita sudah buka akses untuk dapat kerjasama dengan pihak ketiga, kini kita tinggal jajaki potensi dan luasan tanahnya,” sebut Hamdan.
    Khusus tanaman jagung menurutnya sejalan dengan upaya khusus pengembangan salah satu komoditi unggulan program nasional Pajale (padi, jagung dan kedelai).
    Percepatan produksi kopi, BUMD memiliki program kebutuhan teknologi seperti mesin huller, ayak atau sortir kopi, roasting, grinding, continous sealer kemasan, dan lain-lain.
    “Saya optimis apabila dilengkapi alat-alat mesin dan lainnya itu, percepatan produksi kopi Sipirok yang pangsa pasarnya cukup diminati bakal dapat terpenuhi,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com