• Buleleng Jemput Bola E-KTP Hingga Pelosok Desa

    0

         Singaraja, jurnalsumatra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng, Bali, melaksanakan “jemput bola” hingga ke pelosok desa di wilayah itu guna memberikan akses kepada masyarakat melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).
    “Kami segera merapatkan barisan, mengumpulkan para kepala desa dan lurah guna melakukan pendataan ke desa seluruh Buleleng,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni di Singaraja, Bali, Kamis.
    Ia mengatakan, Buleleng memiliki topografi wilayah yang sangat beragam terdiri dari perbukitan hingga pesisir pantai sehingga membutuhkan penanganan khusus melakukan perekaman e-KTP.

         “Penduduk kami juga paling besar di Bali sehingga memang membutuhkan tenaga ekstra dalam melakukan perekaman e-KTP di beberapa wilayah terpencil dan pelosok desa,” ujar dia.
    “Desa-desa terpencil juga diharapkan dapat dijangkau kepala desa dan lurah untuk selanjutnya dilakukan validasi data awal. Apakah memang belum melakukan perekaman atau terjadi data ganda maupun perpindahan penduduk,” papar dia.
    Reika menambahkan, beberapa desa di wilayah pelosok tersebar di beberapa daerah di Kecamatan Gerokgak dan Kubutambahan. “Beberapa desa tersebut akan mendapatkan atensi khusus dari tim kami,” imbuhnya.
    “Harapan kami para lurah dan kepala desa dapat melakukan validasi data penduduk sesuai dengan data yang tertera dalam daftar yang sudah diberikan,” katanya.
    Dia menambahkan, tujuannya adalah mengantisipasi kemungkinan penduduk memiliki data ganda, perubahan status atau pindah tempat domisili tempat tinggal sehingga mereka (lurah) punya data valid.
    Waktu yang diberikan selama satu bulan ini diharapkan dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pihak untuk melakukan perekaman data identitas KTP tersebut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com