• BPBD Musi Banyuasin bangun posko Karhutla permanen

    0

    Musi Banyuasin, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membangun Posko Kebakaran Hutan dan Lahan secara permanen untuk melakukan antisipasi masalah yang biasa terjadi pada setiap musim kemarau itu.

    Pembangunan posko tersebut direncanakan dimulai pada 7 September 2016 di Dusun V Pancoran Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir, yang termasuk daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin Sunaryo di Palembang, Kamis.

    Dia menjelaskan pembangunan posko terpadu itu berdasarkan Surat Bupati Musi Banyuasin No.360/884/BPBD-Muba/V/2016 tanggal 2 Mei 2016 tentang pembentukan Posko Siaga Darurat Karhutla.

    Surat Gubernur Sumatera Selatan No.360/I844/BPBD-SS/2016 tanggal 21 Juni 2016 tentang aktivasi Posko Karhutla di desa-desa, kecamatan dan kabupaten.

    Pembangunan posko secara permanen itu bertujuan Untuk pencegahan, penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Musi Banyuasin yang tergolong sebagai daerah rawan terbakar pada setiap musim kemarau, katanya.

    Menurut dia, dalam posko terpadu itu akan diisi personel dari KPHP Lalan dan Meranti, BPBD, Manggala Agni, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Polhut, Kodim 0401 dan Polres Musi Banyuasin.

    “KPHP Lalan selaku Komandan Posko akan melaporkan seluruh aktivitas petugas di lapangan setiap hari melalui media sosial “Whatsapp Ranggonang Peduli Api” dan komunikasi melalui media elektronik ke Bupati melalui tim Posko Kabupaten,” ujar Sunaryo.

    Dengan adanya posko tersebut diharapkan masalah kebakaran hutan dan lahan yang biasa terjadi pada setiap musim kemarau dengan menimbulkan dampak bencana kabut asap yang dapat mengganggu berbagai aktivitas masyarakat dan kesehatan itu dapat dicegah.

    Bencana kabut asap pada 2015 sangat parah melanda kabupaten ini, dengan tindakan antisipatif yang telah dilakukan sejak jauh hari sebelum memasuki musim kemarau tahun ini, diharapkan bencana tersebut dapat dicegah, kata dia pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com