• BPBD Bondowoso Siapkan Anggaran Krisis Air Bersih

    0

         Bondowoso, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur menyiapkan anggaran Rp89 juta untuk menyuplai air ke desa-desa yang mengalami krisis air bersih.
    “Anggaran Rp89 juta dana hibah dari BPBD Provinsi yang diajukan oleh BPBD Bondowoso untuk persiapan pendistribusian air bersih ke sejumlah desa yang kami nyatakan rawan terkena dampak musim kemarau,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Kabid PK) BPBD Bondowoso Saefuddin Suhri di Bondowoso, Selasa.
    Menurut dia, selama ini pendistribusian air bersih ke desa terdampak kemarau menggunakan truk tangki milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bondowoso, karena BPBD masih belum memiliki truk tangki khusus mendistribusikan air.
    Dana hibah puluhan juta itu, kata dia, memang diperuntukkan pengadaan air bersih untuk membantu masyarakat yang berada di desa-desa yang setiap tahun pada musim kemarau mengalami krisis air bersih.

         “Sebenarnya tahun 2016 BPBD Bondowoso sudah memiliki truk tangki yang pengadaannya diajukan pada 2015, tetapi truk tangki yang saat ini ada di BPBD tidak bisa digunakan karena belum diserahterimakan. Dan perlu diketahui kami bekerja sama dengan PDAM pendistribusian air bersih istilahnya BPBD membeli kepada PDAM,” katanya.
    Ia menyebutkan dari empat desa pada musim kemarau pada 2016, setiap dusun sejak pekan lalu sudah mulai didistribusikan air bersih menggunakan truk tangki milik PDAM.
    Setiap dusun, kata dia, rata-rata didistribusi air bersih satu hingga dua truk tangki yang berisi 5.000 liter air, untuk digunakan keperluan minum dan masak bagi warga terdampak kemarau.
    “Per dusun yang mengajukan permohonan bantuan air bersih sudah ada empat desa, dan 5.000 liter atau satu truk tangki air tersebut cukup untuk digunakan per dusun. Karena setiap dusun di desa terdampak rata-rata jumlahnya 200-300 kepala keluarga atau sekitar 600 jiwa,” paparnya.
    Empat desa yang saat ini telah mengajukan permohonan bantuan air bersih diantaranya, Desa Tanggulangin, Kecamatan Tegal Ampel dan Dusun Murina, Desa Cangkring, Kecamatan Prajekan, Dusun Candu, Kates, Cocong dan Ketoan, Desa Kladi, Kecamatan Cerme, Dusun Pasman Barat, Desa Taman dan Grujugan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com