• Bp Batam Siapkan Lelang Pengembangan Pelabuhan Batuampar    

    0

    Batam,jurnalsumatra.com – Badan Pengusahaan Batam, Kepulauan Riau, mempersiapkan lelang untuk lanjutan pengembangan Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar sebagai penunjang perdagangan kawasan tersebut.
    “Saat ini tengah disiapkan dokumen lelangnya. Tahun ini juga rencananya dilelang, nilainya sekitar Rp2 triliun,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Kamis.
    Ia mengatakan selama ini sudah banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang tertarik untuk mengembangkan dan mengelola pelabuhan tersebut.
    “Yang berminat untuk mengembangkan dan mengelola pelabuhan itu dari dulu banyak. Namun semua kan harus dirumuskan dengan baik,” kata dia.
    Pengembangan pelabuhan yang akan dilakukan adalah reklamasi 20 hektare untuk container yard, gedung, pemasangan crane, perawatan serta IT.
    “Harapan kami tahun depan segera bisa dibangun. Mengingat dermaganya yang dibangun duluan sudah selesai, tinggal menambah crane saja,” kata Purnomo.
    Badan Pengusahaan (BP) Batam pada awal 2012 hingga akhir 2014 sudah mengembangkan Pelabuhan Batuampar dengan anggaran Rp360 miliar untuk meningkatkan kapasitas dari 250.000 TEU’s menjadi 600.000 TEU’s (twenty feet equivalent units/unit padanan dua puluh kaki) per tahun.
    Pada 2012 dianggarkan Rp60 miliar, 2013 sebesar Rp200 miliar dan 2014 sebesar Rp100 miliar.
    Dermaga baru pada Pelabuhan Batuampar awalnya direncanakan beroperasi pada awal 2016. Namun karena hingga saat ini belum ada cranenya, maka belum dioperasikan.
    BP Batam juga akan membangun jalan tol khusus kendaraan industri dari Batuampar menuju sejumlah kawasan industri.
    “Nantinya semua akan terkoneksi dengan kawasan-kawasan industri. Sehingga barang keperluan industri dan produk industri bisa mudah diangkut,” kata Purnomo.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com