• BMKG Deteksi 18 Titik Panas Di Sumbar

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bukit Kototabang, Sumatera Barat, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) mendeteksi sebanyak 18 titik panas di Sumbar.
    “Sebanyak 18 titik panas tersebut terbagi atas beberapa level, dengan 14 titik berada pada level di bawah 80 persen dan empat titik berada pada level di atas 80 persen,” kata Kepala BMKG Bukit Kototabang Edison Kurniawan, saat dihubungi dari Padang, Rabu.
    Sebaran titik panas itu, kata dia, untuk level di atas 80 persen berada di Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Sijunjung.
    “Hingga saat ini Indeks Standar Pencemaran Udara yang diukur Stasiun GAW adalah 14 dengan artian baik,” ujarnya lagi.
    Lebih lanjut ia menyatakan, potensi kemudahan terjadi kebakaran di wilayah Sumbar masuk dalam kategori sangat mudah sehingga perlu diwaspadai sebagai tanggap asap.

         Secara umum, kata dia lagi, sebaran titik panas di Sumatera terdapat di Provinsi Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Riau, Sumbar, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.
    “Secara keseluruhan, di Sumatera saat ini terdeteksi 52 titik panas yang berada pada level 70 persen,” kata dia pula.
    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pekan ini meminta pemerintah daerah bergerak cepat dalam mengambil keputusan untuk mencegah serta memadamkan kebakaran hutan dan lahan.
    Dia menginstruksikan pemerintah daerah bergerak tanpa menunggu keputusan pusat. Saat menemukan tiik api di hutan atau lahan, maka kepala daerah diwajibkan segera mengeluarkan status darurat bencana.
    “Sampaikan itu sesegera mungkin ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” kata Mendagri pula.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com