• BI-Pemkab Manokwari Kembangkan Tanaman Rumah Kaca

    0

         Manokwari, jurnalsumatra.com – Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat akan mengembangkan tanaman rumah kaca untuk menjaga stabilitas produksi pertanian.
    “Program ini baru pertama kali dilaksanakan di Papua Barat. Penerapan pola pertanian dengan cara ini untuk menjaga stabilitas produksi komoditas pertanian yang selama ini menjadi pemicu inflasi,” kata Kepala Unit Jasa Keuangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) BI Perwakilan Papua Barat Yacob Leunufna, di Manokwari, Jumat.
    Dia menyatakan, untuk mewujudkan program tersebut BI menggandeng Universitas Papua (Unipa) Manokwari untuk mendesain konstruksi rumah kaca tersebut.
    Pemerintah daerah bersama masyarakat juga telah menyiapkan lahan di wilayah Distrik Prafi Manokwari. Lokasi itu akan menjadi percontohan bagi pengembangan tanaman rumah kaca di Papua Barat.

         Ia berharap, Unipa mampu mendesain bentuk rumah kaca sederhana agar bisa diaplikasikan oleh seluruh kelompok tani di Papua Barat.
    “Sebisa mungkin bentuk rumah kaca itu bisa direplikasikan oleh petani, dan kalau bisa bahan yang digunakan mudah didapatkan di sini, sehingga kelak jika ada petani ingin mengembangkan teknologi ini tidak merasa berat,” ujarnya lagi.
    Yacob mengutarakan, pengembangan teknologi pertanian ini merupakan program sosial BI untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.
    Tanaman yang akan dikembangkan meliputi cabai, tomat, dan beberapa tanaman lain yang rentan tidak berbuah jika diguyur hujan secara berlebihan.
    Dia optimistis, tanaman rumah kaca tersebut bisa dilaksanakan tahun ini. Pada tahap permulaan, pihaknya akan mencoba mengembangkan teknologi tersebut di atas lahan seluas 1.000 meter persegi.
    “Lokasinya cukup strategis, kami buat di situ supaya bisa dilihat oleh para petani yang lain. Dengan begitu, mereka memiliki keinginan untuk menerapkannya pula,” ujarnya lagi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com