• Bhayangkari Gelar Seminar Tingkatkan Kesadaran Cegah Korupsi

    0

        Jakarta, jurnalsumatra.com – Bhayangkari Polri menggelar seminar upaya pencegahan korupsi untuk meningkatkan kesadaran para ibu Bhayangkari agar turut berperan serta dalam mencegah terjadinya tindak korupsi.
    “Jadilah agen-agen perubahan dalam pencegahan tindak pidana korupsi,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan, di STIK, Jakarta, Jumat.
    Menurutnya, dengan adanya kesadaran dari para ibu Bhayangkari, pihaknya optimistis tindakan korupsi di Kepolisian dapat dicegah.
    Ia optimistis perempuan mampu menjadi agen perubahan. Hal itu karena perempuan lebih mengutamakan kejujuran dibanding laki-laki.
    “Dari hasil survei menyatakan perempuan itu cenderung lebih taat aturan daripada laki-laki. Nah ini yang harus dipupuk,” katanya.
    Basaria pun meminta peran ibu Bhayangkari untuk bersikap kritis jika suami mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari biasanya.

        “Kalau Bapak membawa bungkusan berisi uang, di luar uang (gaji) yang diterima per bulan. Ibu harus bertanya, uang ini darimana? Jangan sampai suami kena OTT KPK, baru menyesal,” katanya.
    Dalam pidatonya, Basaria berpesan agar wanita mampu mencegah dirinya agar tidak terlibat dalam tindak pidana korupsi. Pasalnya dalam catatan kasus korupsi yang ditanganinya di KPK, ada istri dari suami yang terlibat korupsi ternyata ikut menerima uang hasil korupsi suaminya dan mengaku tidak tahu asal uang tersebut.
    “Padahal seharusnya (istri) tahu, masa ada uang miliaran masuk ke rekeningnya enggak tahu itu asalnya dari mana,” katanya.
    Selanjutnya Basaria berpesan agar ibu Bhayangkari mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai moral yang baik.
    “Terakhir, edukasi lingkungan sekitar agar tidak melakukan korupsi,” katanya.
    Seminar antikorupsi ini digelar Bhayangkari Polri dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-64 Tahun 2016.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com