• Bawaslu Waspadai Pilkada Muba

    0

    LOGO-BAWASLU-SUMSELPalembang, Jurnalsumatra.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel tidak mau lengah dalam penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada Muba, 15 Februari 2017 nanti. Sebab, soal data pemilih ini selalu menjadi masalah clasik dalam setiap pesta demokrasi. “Ya ini menjadi perhatian dan program kerja pengawasan dalam pemutakhiran data pemilih (Mutarlih),” kata ketua Bawaslu Sumsel, Andika kepada wartawan di kantor Gakumdu Sumsel, Rabu (21/9).

    Dikatakan, DPT ini sangat penting diketehui masyarakat dan setiap yang berkepentingan dalam pemilihan karena menajdi sumber logistik pemilu, seperti surat suara. Maknya, yang menjadi perhatian jangan sampai ada DPT ganda atau DPT siluman. “Langkah kita akan menggunakan aplikasi dalam Mutarlih dan turun langsung ke lapangan emmastikan pengawasa by name by address,” kata Andika.

    Pihaknya sudah menyiapkan aplikasi Sadap (Sistem Analisa Data Pemilih) berasal dari bantuan Komite Independen pemantau Pemilu (KIPP) Jatim yang bisa mendeteksi NIK ganda, NIK dan nama ganda, NIK invalid, sampai pada umur pemilih.  “Tapi kita tidak semata bergantung data ini, ada data manual verifikasi langsung ke rumah penduduk. Ini kita lakukan sebagai cara untuk membantu KPU sebagai penyelenggara memastikan hal pilih warga negara,”

    Sementara itu, ketua KIPP Jatim, Rikson Nababan mengatakan, aplikasi ini sudah diuji coba di 8 Pilkada Jatim 2015 lalu. saat ini sudah ada lima provinsi yang menggunakannya dan kini juga Sumsel akan menggunakan untuk Pilkada Muba. “Aplikasi ini mudah dan offline. Ini gratis kita suntikkan sebagai partisipasi untuk mensukseskan pesta demokrasi lokal di Indonesia,” pungkasnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com