• Bawaslu: Dpt Halteng Dan Morotai Harus Tuntas

    0

    Ternate, jurnalsumatra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta agar masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dan Pulau Morotai bisa dituntaskan demi terciptanya Pilkada jujur dan adil.

         “Upaya ini harus diutamakan, karena hanya dengan pemuktakhiran daftar pemilih yang akurat bisa terwujud Pilkada yang sehat di dua kabupaten tersebut,” kata Ketua Bawaslu Malut, Sultan Alwan di Ternate, Rabu.
    Ia berharap, untuk pemutakhiran data pemilih itu semua pihak termasuk partai politik mendukung, agar DPT betul-betul akurat dan tidak ada masyarakat yang tidak terdaftar, tidak ada DPT ganda, tidak ada TNI/Polri ataupun orang yang sudah meninggal masuk dalam DPT.
    “Jika tidak diantisipasi dari sekarang, takutnya penyelenggara tingkat bawah juga akan melakukan hal yang tidak kita inginkan,” kata Sultan.
    Sultan menambahkan, selama ini soal pemutakhiran DPT yang luput terlibat adalah parpol, padahal hidupnya demokrasi merupakan tanggung jawab mereka juga.
    “Parpol juga harus memberikan pendidikan politik yang baik sehingga semua orang terdorong untuk berpartisipasi dalam pemilu. Dengan DPT yang berkualitas, saya kira Pilkada akan berlangsung sebagaimana diharapkan,” kata Sultan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com