• Bangkalan Terima Bantuan Prona 15.000 Bidang Tanah

    0

        Bangkalan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur akan kembali menerima bantuan Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) pada tahun anggaran 2017 untuk 15.000 bidang tanah masyarakat di wilayah itu.
    “Oleh karena itu kami mengajak kepada semua masyarakat di Bangkalan yang belum memiliki sertifikat tanah agar program bantuan pemerintah ini benar-benar dimanfaatkan secara optimal,” kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bangkalan Winarno di Bangkalan, Kamis.
    Ia menjelaskan, bantuan sertifikat tanah dalam program Prona itu sebagai upaya pemerintah untuk menertibkan administrasi kepemilikan tanah masyarakat di Kabupaten Bangkalan.
    Sebab, berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan selama ini, konflik pertanahan yang sering terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Bangkalan, karena administrasi kepemilikan tanah belum tertib.

        Winarno menjelaskan, telah menggelar sosialisasi awal kepada masyarakat terkait program bantuan sertifikat tanah 2017 dengan target 15.000 bidang tanah itu.
    “Sosialisasi pertana kami gelar pada awal September ini dan akan terus kami lakukan ke berbagai pihak, agar program ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses,” katanya.
    Ia menjelaskan, bantuan prona 2017 itu sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan mulai dari penyuluhan, pengukuran dan pendataan, penerbitan sertifikat, serta penerimaan sertifikat.
    “Semuanya biaya gratis karena ditanggung pemerintah,” ujarnya.
    Winarno menjelaskan, dalam sosialisasi itu, pihaknya menggandeng sejumlah pihak, seperti Kejaksaan Negeri, dan kepolisian dari Mapolres Bangkalan.
    Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa pahan akan pentingnya dokumen kepemilikan tanah ditinjau dari sisi hukum.
    Dianding prona 2016, bantuan pembuatan sertifikat tanah gratis 2017 jauh lebih banyak, karena pada 2016 hanya 4.000 bidang tanah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com