• Antisipasi Gelombang Tinggi Bulog Siapkan CBP      

    0

    Manado, jurnalsumatra.com – Untuk mengantisipasi gelombang tinggi di akhir tahun 2016 Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP).
    “CBP yang ada di gudang bulog Perum Bulog masih cukup banyak, sehingga dipersiapkan untuk mengantisipasi gelombang tinggi jelang akhir tahun,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Sabaruddin Amrullah di Manado, Senin.
    Dia mengatakan CBP yang terpakai saat ini baru sekitar 20,7 persen dari kuota 1.700 ton dalam setahun khusus untuk Sulut.
    Sabarrudin mengatakan kuota setiap kabupaten kota masing-masing 100 ton dan khusus Pemprov Sulut sebanyak 200 ton.
    Biasanya jelang akhir tahun, kata Sabaruddin, penggunaan CBP akan meningkat, karena para nelayan sulit melaut akibat gelombang cukup tinggi.
    Sampai saat ini, katanya, kabupaten kota yang memanfaatkan CBP yakni Kabupaten Minahasa Tenggara sebanyak 75 ton, Kabupaten Kepulauan Talaud sebanyak 34 ton, Kabupaten Kepulauan Sitaro sebanyak 75 ton.
    Kabupaten Bolaang Mongondow sebanyak 60 ton, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sebanyak 75 ton serta Bolaang Mongondow Timur sebanyak 32 ton.
    “CBP yang terpakai baru sebanyak 351 ton,” jelasnya.
    Dia menjelaskan CBP merupakan sejumlah beras tertentu milik Pemerintah yang sumber dananya berasal dari APBN dan dikelola oleh Bulog yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan beras dan dalam rangka mengantisipasi masalah kekurangan pangan, gejolak harga, keadaan darurat akibat bencana dan kerawanan pangan serta memenuhi kesepakatan Cadangan Beras Darurat ASEAN (ASEAN Emergency Rice Reserve, AERR).
    Pengelolaan CBP semakin penting karena perkembangan situasi pasar internasional yang cenderung bergejolak mau tidak mau akan mempengaruhi pasar domestik.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com