• AKN Cikal Bakal Universitas Negeri Abdya

    0

         Blangpidie, jurnalsumatra.com – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jupri Hassannuddin mengemukakan, meskipun program studinya masih berstatus D-2, namun Akademi Komoditas Negeri (AKN) Abdya merupakan cikal bakal berdirinya universitas negeri di daerah tersebut.
    “Berdirinya AKN di Abdya ini tidak terlepas dari hasil kerja keras pemerintah daerah di sektor pendidikan terutama dalam mewujudkan generasi bangsa yang cerdas,” katanya di sela-sela acara wisuda 92 mahasiswa AKN di Blangpidie, Senin.
    Acara wisuda angkatan perdana digelar melalui sidang senat terbuka di aula gedung DPRK Abdya dihadiri Direktur Politeknik Negeri Paya Kumbuh, Sumatera Barat, Gusmailinis, para pejabat setempat dan ratusan keluarga mahasiswa.
    Ia menambahkan, wisuda ini bukanlah yang pertama digelar di Kabupaten Abdya, tetapi sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh universitas lain dalam melahirkan generasi bangsa yang cerdas.
    Kendatipun demikian, lanjut dia, wisuda yang digelar tersebut memili arti penting dan nilai tersendiri bagi pemerintah daerah, karena Pemkab Abdya telah mampu mencetakan titel ataupun gelar untuk diberikan kepada generasi penerus bangsa.

         Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jupri Hassannuddin memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada almarhum Yusrizal Razali, yang pernah menjabat Wakil Bupati Abdya, karena keberadaan AKN tersebut tidak terlepas hasil kerja keras dirinya semasa masih hidup.
    “Almarhum Tgk Yusrizal Razali adalah wakil saya periode 2012-2017. Semasa beliau masih hidup cukup gigih dalam memperjuangkan AKN ini. Kami mondar-mandir ke Jakarta mengurusnya. Alhamdulillah, berkat kerja keras beliau adik-adik hari ini sudah diwisuda. Mari kita berdoa untuk beliau,” ujarnya.
    Ia menambahkan, meskipun program studinya masih D-2 dan masih bersatus PDD Politeknik Pertanian Payah Kumbuh. Namun Akademi Komoditas Aceh Barat Daya ini merupakan cikal bakal universitas negeri di daerah ini pada masa akan datang.
    “Saya berharap, mahasiswa-mahasiswa yang telah diwisuda hari ini tidak mengharapkan untuk menjadi PNS. Akan tetapi jadilah sebagai interpatner sejati yang mampu mengali potensi sumberdaya alam yang luar biasa banyak di kabupaten ini,” katanya.
    Kemudian, dalam kesempatan tersebut, Pemkab Abdya juga memberikan reward kepada dua mahasiswa berprestasi yang memiliki nilai tinggi diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah umrah pada tahun 2017.
    Menurutnya, penghargaan tersebut tidak hanya diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi di AKN, akan tetapi juga diberikan kepada mahasiswa universitas lain secara bergiliran sebagai bentuk dorongan pemerintah daerah terhadap kemajuan sektor pendidikan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com