• 16.803 Anak Balita Solok Selatan Diberikan Vitamin-A

    0

    Padang Aro, jurnalsumatra.com – Sebanyak 16.803 anak bawah lima tahun (Balita) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), sudah diberikan vitamin A dan obat cacing yang dilaksanakan sejak Agustus 2016.
    “Dari 17.228 anak balita yang tercatat, sebanyak 97,5 persen atau 16.803 orang sudah diberikan vitamin A oleh pemerintah,” kata Kepala Bidang Kesehatan Keluarga (Kesga) Dinas Kesehatan Solok Selatan, Rosa Yulfiano, di Padang Aro, Rabu.
    Dia menjelaskan, selama pelaksanaan program pemberian vitamin A dan obat cacing sebanyak 85 persen melalui posyandu dan sisanya dilaksanakan saat melakukan sweeping.
    Kesadaran masyarakat untuk datang ke posyandu cukup tinggi yaitu 85 persen walaupun itu masih banyak yang belum melakukannya.
    “Setelah program pemberian vitamin A dan obat cacing selesai masih ada 15 persen balita yang belum diberikan, dan kami melakukan sweeping hasilnya 12,5 persen ditemukan dan sisanya tidak diketahui,” tambahnya.
    Dia mengemukakan, pemberian vitamin A dan obat cacing ini untuk memastikan balita mendapat asupan yang sesuai.
    Walaupun dalam makanan sudah ada vitamin A katanya, tetapi belum menjamin sesuai dengan kebutuhan anak oleh sebab itu dilaksanakan pemberian secara nasional.
    “Vitamin bila berlebih akan dibuang melalui cairan dan tidak ada efeknya, tetapi bila kurang akan berdampak negatif pada anak,” ujarnya.
    Dampak jangka panjang kekurangan vitamin A katanya, mengurangi pola pikir anak sehingga perkembangan otaknya tidak maksimal, atau daya pikirnya lemah serta bisa bermasalah pada mata.
    Sementara itu, Pelaksana Harian Sekretaris PKK Solok Selatan, Afrizal Amir mengatakan, kader PKK di lapangan selam ini memang belum maksimal dalam mendampingi orang tua untuk datang ke posyandu.
    “Kami akan mengoptimalkan kader PKK di lapangan untuk mendapingi orang tua supaya datang ke posyandu untuk memeriksakan anaknya atau memberikan vitamin yang diperlukan,” sebutnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com