• ‎Manfaatkan Sawah Lebak Dengan Tanam IP 200

    0
    unnamed (18)KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Manfaatkan sejengkal tanah dan setetes air merupakan moto serta strategi peningkatan produksi pada lahan lebak tahun 2016 dan ini terus dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui upaya khusus (upsus) peningkatan produksi padi tahun 2016 dengan  target luas tanam 195.106 ha dari lahan yang tersedia seluas 130.000 ha.
    Dan sampai dengan hari ini telah terealisasi seluas 175.697 ha (90,1%), sisa 19.409 ha akan direalisasikan dengan memanfaatkan lahan lebak untuk pertanaman IP 200 yang saat ini telah mulai olah tanah dan sebagian telah tanam di beberapa desa dalam kecamatan SP Padang seluas 95 ha.
    Hal ini diungkapkan Syariffudin selaku Kepala dinas Pertanian Kabupaten OKI didampingi Dandim 0402 OKI Letkol, Kav Dwi Irbaya Sandra SSos saat melakukan kunjungan ke Desa Awal Terusan Kecamatan SP Padang, Kamis (8/9/2016).
    “Melihat disini antusias para petani lebak untuk melaksanakan IP 200 sangat tinggi maka pemkab OKI terus berupaya membantu petani padi dengan menyediakan alat mesin pertanian dan dukungan benih serta penyediaan sumur bor lengkap dengan ferocemen untuk menyalurkan air kepersawahan milik para petani.”Kata Syarifuddin
    Masih kata Syarifuddin,Realisasi tanam IP 100 & IP 200 pada lahan lebak sampai saat ini seluas 60.822 ha.untuk itu Kita optimis sisa target akan dapat dicapai sampai akhir september 2016 dengan melaksanakan percepatan panen menggunakan kombine halvester serta olah tanah menggunakan traktor roda dua dan roda empat.
    “Kita berharap dari realisasi tanam 2016 ini akan diperoleh produksi gabah sebanyak 851.511 ton Gabah kering giling (GKG) dengan prediksi produktivitas rata-rata 4,57 ton GKG.”pungkas Syarifudin.
    Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Awal Terusan, Alamsyah Fajeri mengatakan sangat berterima kasih atas kepedulian Dinas Pertanian Kabupaten OKI terhadap petani di Desa Awal Terusan. “Kami sangat berterima kasih atas apa yang telah diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten OKI, dan kami sangat termotifasi untuk menggalakan apa yang telah diajarkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten OKI,” katanya. (RICO)
  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com